-->

[ADS] Top Ads

9 Ide Usaha Modal 1 Juta Untuk Pemula di 2020

PROFIT.web.id - Bicara bisnis umumnya kita akan terpikir untuk memiliki modal besar terlebih dahulu. Tidak heran jika ketiadaan modal seringkali menjadi halangan terbesar dalam memulai sebuah bisnis. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, mencari modal bisnis di 2020 rasanya menjadi lebih sulit saja.

Nyatanya, tidak semua bisnis memerlukan modal uang dalam jumlah yang banyak. Mulai dari modal 500 ribu hingga 1 juta, kini ada peluang bisnis yang bisa dilakukan siapa saja. Tidak peduli pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan biasa, peluang bisnis ini bisa dilakukan dengan mudah.

Jadi jika butuh ide bisnis, berikut adalah 9 ide usaha modal 1 juta dengan untung besar di 2020 yang bisa dicontoh siapa saja.

Ide usaha modal 1 juta di 2020

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Bingung memulai usaha modal 1 juta untuk mahasiswa, pelajar, atau ibu rumah tangga yang mudah? Kenapa tidak jualan pulsa elektrik saja!

Meski kini sudah ada aplikasi yang bisa dipakai untuk pengisian pulsa, masih cukup banyak orang yang tidak mau ribet top up dan lebih memilih untuk membeli pulsa atau paket data di konter.

Peluang bisnis pulsa ini rasanya cukup menjanjikan di 2020 melihat banyaknya proses bisnis dan belajar yang banyak dilakukan secara online. Jadi kebutuhan akan pulsa dan paket data semakin meningkat.

Untuk memulai bisnis pulsa juga tidak memerlukan modal awal yang besar. Cukup dengan modal Rp100.000 saja kita sudah bisa menjual pulsa ke teman, tetangga, atau kerabat dekat. Untung yang didapat nantinya bisa diputar kembali menjadi modal agar kita bisa menjual lebih banyak pulsa.

Satu tips sukses jualan pulsa online, pastikan saja untuk memilih distributor pulsa terpercaya yang bisa diandalkan. Sebagai alternatif, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi jual pulsa yang banyak memberi diskon besar-besaran.

2. Bisnis Cemilan

Bisnis cemilan adalah ide usaha lain yang bisa dimulai dengan modal yang minim. Cemilan sendiri menjadi makanan ringan yang seringkali disantap saat waktu santai. Dan bisnis ini pun tidak mengenal musim dan penjualannya sangat stabil dari waktu ke waktu. Bisnis camilan bahkan menjadi salah satu bisnis yang laku saat pandemi Covid-19.

Beberapa contoh cemilan yang banyak dicari antara lain keripik pangsit, keripik pisang, keripik singkong, makaroni, kacang-kacangan, kerupuk ikan, dan masih banyak lagi.

Untuk memulainya, cara yang paling mudah adalah dengan mengambil makanan dari agen cemilan untuk dijual kembali. Dengan modal beberapa ratus ribu, kita bisa membeli cemilan dalam ukuran besar yang nantinya bisa dipaking ulang menjadi kemasan kecil. Alat yang dibutuhkan pun hanya mesin press plastik (sealer) sederhana berharga seratus ribuan saja. Agar lebih menarik, kita bisa membuat label dengan desain yang unik untuk menarik minat pembeli.

ide bisnis camilan denga modal kecil

3. Bisnis Dropship

Bisnis dropship dikenal sejak lama sebagai salah satu model bisnis yang tidak membutuhkan modal. Cukup dengan smartphone dan kuota internet, kita sudah bisa memasarkan barang dan mendapatkan untung besar.

Dengan dropship, kita tidak perlu pusing masalah produksi dan distribusi barang karena semuanya sudah diurus oleh agen dropship. Yang perlu kita lakukan hanya mempromosikan barang saja. Jika ada pembeli yang tertarik dan melakukan transaksi, kita hanya perlu membeli barang dari agen dropship agar barang bisa dikirim ke pembeli.

Mellihat mudahnya bisnis model ini, dropshipping menjadi salah satu peluang usaha jualan yang bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu memiliki/menyewa tempat fisik terlebih dahulu. Dengan begitu dropship cocok menjadi ide usaha modal 1 juta di kampung atau tempat lain yang jauh dari pembeli.

4. Bisnis Blogging

Blog sebelumnya dikenal sebagai sarana untuk menyalurkan ide dalam bentuk tulisan, namun kini tidak lagi! Blog kini banyak dipakai untuk menyampaikan informasi sekaligus mendulang uang.

Saat ini ada beragam cara untuk mendapatkan uang dari blog. Metode yang paling populer adalah dengan memasang iklan Google Adsense. namun selain itu masih ada cara lainnya seperti melalui affiliate marketing, jual produk/jasa sendiri, hingga menerima tawaran content placement.

Untuk membuat blog tidak membutuhkan modal besar. Jika memakai platform blogging gratis, kita mungkin hanya perlu menambahkan domain custom seharga 150 ribuan untuk membuatnya tampak lebih profesional. Jika ada tambahan modal, kita bisa memakainya untuk membeli konten SEO dan backlink untuk konten tersebut.

Meski begitu harus diketahui juga kalau membuat blog bukanlah cara tercepat untuk mendatangkan untung. Selain itu ada proses belajar (learning curve) yang cukup besar jika ingin sukses mendapatkan uang dari blog.

5. Bisnis Pembuatan Artikel

Jika punya hobi/kemampuan menulis tapi tidak ingin membuat blog, kita bisa menjual jasa pembuatan artikel saja. Dibandingkan membuat blog, hasil yang didapat bisa saja lebih besar dan lebih cepat. Cocok deh sebagai usaha modal 1 juta untuk mahasiswa atau pelajar yang punya banyak waktu luang.

Bisnis pembuatan artikel sendiri cukup banyak dicari para bloger yang tidak sempat membuat konten mereka sendiri. Dengan banyaknya blog saat ini, peluang menjadi penulis lepas sangat menjanjikan dan bisa dilakukan tanpa modal yang besar.

Untuk memulai bisnis penulisan artikel, kita hanya membutuhkan PC atau laptop saja. Jika tidak punya kita bisa menggunakan jasa rental komputer. Sebagai alternatif, hape sekarang sudah cukup canggih dan bisa dipasangkan dengan keyboard portable agar proses mengetik lebih nyaman.

6. Bisnis Kerajinan Tangan

Memiliki hobi membuat kerajinan tangan juga bisa dipakai untuk menambah penghasilan di waktu senggang. Sebagai contoh, beberapa hasil kerajinan tangan yang banyak dicari di pasaran antara lain aksessoris seperti gelang dan kalung, tote bag, keranjang, tas kanvas, atau pajangan.

Jika butuh ide inspirasi lainnya, kita bisa melihat online marketplace untuk mencari jenis kerajinan tangan yang paling laris.

Untuk memulai bisnis kerajinan tangan sendiri bisa dimulai dari modal yang kecil. Jika ingin modal yang lebih kecil lagi, kita bisa membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kita.

ide bisnis kerajinan tangan dengan modal 1 juta

7. Bisnis Katering

Selain menulis dan membuat kerajinan tangan, memasak adalah hobi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan membuka bisnis katering.

Tidak hanya buka saat event-event tertentu, bisnis katering juga bisa dijalankan setiap hari dengan menyediakan menu paket sarapan atau makan siang untuk karyawan yang tidak sempat masak di pagi hari dan senang dengan makanan rumahan.

Agar lebih menarik, kita juga bisa membranding makanan tersebut sebagai makanan sehat agar menarik bagi mereka yang tidak ingin jajan sembarangan dan ingin pola makan yang lebih sehat.

8. Bisnis Barang Bekas

Benda yang sudah tidak berguna buat kita bisa jadi akan sangat berguna bagi orang lain. Jadi jika ada barang bekas yang tidak terpakai dan masih dalam kondisi bagus, coba tawarkan kepada orang lain, siapa tahu ada yang tertarik dan membutuhkan barang-barang tersebut.

Tidak hanya barang-barang kita sendiri, kita juga bisa ikut menjual barang bekas milik orang lain. Dengan modal tidak sampai 1 juta Rupiah, kita bisa hunting barang bekas dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

9. Bisnis Pre-Order

Ide usaha dengan modal 1 juta lain yang bisa kita lakukan di tahun ini adalah bisnis pre-order.

Beda dengan bisnis lain yang umumnya membutuhkan modal, bisnis pre-order bahkan bisa dilakukan tanpa perlu modal. Dengan sistem pembayaran di muka, kita tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk 'menombok' barang yang akan dipesan oleh pembeli.


Nah, itulah beberapa ide usaha dengan modal 1 juta yang cocok untuk pemula yang ingin memulai bisnis di tahun 2020. Dengan modal yang minim, siapapun bisa memulai bisnis ini baik itu pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

12 komentar

  1. Makasih semua masuk akal bagi saya.

    Memiliki usaha adalah sebuah keharusan di hari segini. Caranya ya bisa melalui hal hal kecil yang seperti profit.web.id jelaskan diatas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, memang zaman sekarang lebih enak punya beberapa sumber penghasilan. Lumayan, jadi ada pemasukan yang bisa diandalkan selain gaji bulanan :)

      Hapus
  2. Saya suka kalo jalan2 kemana itu open jastip oleh2 atau barang yg ada di daerah itu. Lumayan keuntungannya bisa buat tambahan jajan pas jalan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantap. Saya juga sering denger dari temen yang sering jalan2. Makanya kalau mau pergi pasti bilang2 orang dulu, biar yang nitip banyak katanya, kekeke.

      Hapus
  3. Aku sudah mencoba bisnis cemilan, lumayan sekali untuk menambah pemasukan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt kak. Dulu saya pernah jualin kripik buatan ipar di kantor dan hasilnya memang lumayan.

      Hapus
  4. banyak bisnis yg cuma btuh modal kecil, dagang makanan ringan juga menarik, karena bisa di jual dengan murah, bahan pun mudah semisal bikin singkong.

    kalo saya sendiri ngeblog memang dijadikan bisnis, dulu2 ngeblog cuma modal domain aja yg 120k/tahun, sekarang udah tambah pakai hosting n plugin premium.

    alhamdulillah terbayarkan skrng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Dulu saya juga jualin kripik singkong buatan kakak ipar di kantor memang lumayan hasilnya. Di kampung harga singkong sangat murah. Tapi begitu dikemas dan dilabelin bisa dijual sampai berkali-kali lipat di kota.

      Btw setuju untuk masalah ngeblog. Memang kalau digarap serius hasilnya bisa lumayan besar. Kyk blog sabda keren mas. Berawal dari domain sekarang dah jadi blog yang luar biasa menurut saya. Wah, kalau blog iseng saya ini bisa jadi setengahnya blog sabda saja rasanya dah 'sesuatu' banget :)

      Hapus
  5. sekarang yg kayaknya jakan bisnis makanan deh terutama makanan yg lama disimpan
    buat di rumah aja
    bisnis lain agak sulit
    kecuali bener dropshipper dan ekspedisi
    ngebog juga lumayan kalau diseriusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mas, sejak corona banyak bisnis yang tiarap, tapi ada juga yang malah naik daun. Kalau punya banyak waktu di rumah (WFH) sih bisa nyoba ngembangin blog. Lumayan bisa jadi investasi kalau diseriusin nantinya :)

      Hapus
  6. Bang kayaknya kalo ut katering berat kalo cmn sejuta.

    Jualan pulsa pernah saya jalani juga. Cmn bosan diutangain teman2 heheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau katering tergantung daerahnya. Kalau di kota besar yang bahan bakunya rada mahal kayak Jakarta memang kelihatannya susah. Tapi kalau di daerah insyaallah bisa bang Day. Kakak ipar saya dulu bisnis katering modalnya ratusan ribu saja. Tapi memang bahan bakunya juga murah banget.

      Btw sama dong bang pernah jualan pulsa juga. Memang yang paling males itu kalau diutangin. Padahal lumayan untungnya buat nutupin kebutuhan pulsa sendiri, kekeke.

      Hapus

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id