-->

[ADS] Top Ads

Peluang Bisnis Yang Laris Saat Pandemi Covid-19

PROFIT.web.id - Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak hal berubah drastis. Dengan adanya ketentuan jaga jarak sosial dan ketatnya pembatasan moda trasnportasi, sektor bisnis menjadi salah satu sektor yang paling terpukul.

Meski begitu, ide kreatif para pebisnis justru membuat beberapa sektor usaha berkembang pesat di tengah pandemi virus Corona.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah pelung bisnis yang laris saat pandemi Covid-19.

peluang bisnis saat pandemi covid-19

1. Hand Sanitizer

Permintaan pasar akan hand sanitizer melonjak begitu pesar sejak pandemi Corona merebak. Hal ini sempat membuat harga produk ini melonjak tajam sebelum akhirnya stabil meski masih berada di atas harga normalnya.

Hal ini sendiri disebabkan adanya anjuran untuk menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif saat tidak tersedia air dan sabun. Dan dengan tingkat keampuhannya yang tinggi serta bentuknya yang praktis, produk ini menjadi andalan banyak orang yang sering bepergian ke luar rumah.

Saat ini sendiri terdapat banyak merek hand sanitizer yang umum dijual di pasaran. Namun hati-hati saat memilih agar tidak salah memilih produk buatan manual yang komposisinya mungkin saja tidak sesuai dengan anjuran yang ada.

2. Masker

Sama seperti hand sanitizer, masker juga menjadi produk yang sangat diminati. Dengan lazimnya protokol wajib menggunakan masker, produk ini rasanya tidak akan sepi peminat dan bahkan bisa menjadi aturan new normal yang akan tetap bertahan meski virus Covid-19 tidak lagi berbahaya.

Meski masker yang dianjurkan adalah masker N95, masker kain kini juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi penyebaran virus korona. Bentuknya pun sangat beragam dan kini mudah dijumpai dengan corak yang berariasi.

Tingginya permintaan pasar akan masker kain membuat banyak produsen ikut membuat produk ini. Salah satunya adalah pengusaha konveksi yang kini mengubah fokus mereka pada pembuatan masker.

3. APD

Alat Pelindung Diri (APD) adalah pakaian lengkap yang biasa dipakai oleh garda terdepat penganganan Covid-19. Fungsinya adalah untuk melindungi diri dari paparan virus saat mereka menangani pasien dengan gejala positif.

Masih tingginya kasus Covid-19 membuat penggunakan APD masih sangat dibutuhkan. Apalagi APD hanya dianjurkan untuk dipakai satu kali saja.

4. Cairan Disinfektan

Cairan disinfektan adalah cairan yang bisa dipakai untuk membasmi kuman, bakteri, hingga virus yang menempel pada permukaan benda-benda mati.

Cairan ini sendiri banyak digunakan untuk mensterilkan banyak tempat-tempat umum mulai dari perumahan, tempat belanja, hingga faslitas publik.

Sayang, tingginya permintaan akan kebutuhan cairan disinfektan membuat produsen produk ini kewalahan. Akhirnya sebagai alternatif, banyak warga yang membuat cairan disinfektan sendiri memakai produk pembersih rumah tangga yang disarankan WHO. Hal ini pun bisa menjadi peluang bisnis karena cairan ini biasanya dibuat dalam jumlah yang sangat banyak.

5. Pulsa & Kuota Internet

Dengan dibatasinya interaksi sosial, banyak perusahaan dan instansi lain yang merumahkan pegawai mereka selama masa karantina. Tidak hanya itu, pelajar dan mahasiswa pun kini melakukan proses belajar dari rumah.

Agar produktifitas dan proses belajar tetap berjalan, sistem yang dianut berubah menjadi serba online. Jadi meski lebih banyak di rumah, pegawai dan pelajar tetap dapat beraktifitas seperti biasanya. Jadi jangan heran kalau kuota internet menjadi salah satu produk yang laris saat pandemi Covid-19.

Satu tips jualan pulsa dan kuota internet  yang penting adalah memilih distributor yang baik. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, distributor yang baik juga memiliki server yang bisa diandalkan dan bisa membantu kita jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

6. On Demand Cleaning Services

Membersihkan rumah adalah salah satu tugas yang cukup merepotkan saat semua anggota keluarga berada di rumah. Karena itulah, jasa on-demand cleaning services menjadi salah satu layanan yang banyak dicari saat pandemi Covid-19.

Melihat peluang ini, beberapa hotel mulai meluncurkan layanan jasa bersih-bersih di rumah. Warga biasa pun dapat menawarkan jasa semacam ini dengan bergabung di beberapa startup seperti Gojek.

7. Bisnis Online

Sebelum virus corona merajalela, bisnis online adalah salah satu peluang usaha yang banyak dilirik karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk dari rumah. Namun dengan banyaknya waktu untuk berada di rumah, bisnis online menjadi salah satu usaha sampingan yang kini dicoba banyak orang.

Bisnis online sendiri tidak terbatas pada jual beli barang/jasa saja. Sebagai contoh, menjadi freelancer, menawarkan kursus online, hingga membuat blog atau menjadi Youtuber bisa menjadi pertimbangan.

8. Frozen Food & Makanan Instan

Meski kini sudah ada masa 'new normal', warga tetap dianjurkan untuk membatasi diri untuk tidak terlalu sering keluar rumah kecuali ada urusan yang mendesak. Dengan pembatasan semacam ini, banyak warga yang akhirnya menyetok makanan agar tidak terlalu sering keluar rumah.

Nah, dibanding jenis makanan lainnya, frozen foods menjadi salah satu bisnis makanan yng paling laris. Dengan daya tahan yang cukup lama, makanan instan, makanan kalengan, dan makanan beku seperti nugget atau sosis menjadi pilihan yang sempurna di saat pandemi Covid-19.

5 komentar

  1. Paling masuk akal untuk perorangan adalah point 4, 6 dan 7. Point 6 aja maksudnya jualan pulsa. 6 dan 7 baru bisa mandiri. Yang lainnya perlu perusahaan yang bisa melakukannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, untuk beberapa memang rasanya sulit dilakukan perorangan, minimal harus dalam tim seperti konveksi yang bisa beralih fungsi memproduksi APD dan masker.

      Btw baru sadar baca komennya ternyata poin no.4-nya ada 2. Terima kasih komennya y :)

      Hapus
  2. yang paling terasa sih masker ya. karena setiap orang punya masker kain paling tidak 3 biji buat ganti-ganti. sekarang pun aku lagi belajar jahit masker hihihi seru dan lucu juga jualan Online dan pas belanja bahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, berhubung wajib, masker sekarang jadi komoditi yang lumayan laris. Saya sendiri punya setengah lusin lebih kyknya, itu belum termasuk punya istri dan anak. Sayang aja saingannya sekarang lumayan banyak, baik offline maupun jual online. Lebih potensial jualan masker custom pakai bahan sendiri kyk mba Kartika :)

      Hapus
  3. betul mas, makanan frozen ini ramai banget sekarang. ibuku sendiri tadinya punya warung ayam dan bebek goreng. tapi karena jarang yang makan di tempat, akhirnya kita coba buat frozen siap goreng. alhamdulillah pelan2 banyak yang pesan

    BalasHapus

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id