-->

[ADS] Top Ads

7 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

PROFIT.web.id - menjadi pekerja lepas (freelance) adalah salah satu usaha sampingan yang bisa dilakukan untuk mencari penghasilan tambahan.

Sayangnya banyak pemula yang ragu untuk memulainya karena beranggapan sulit untuk mendapatkan klien. Padahal di era serba online seperti sekarang, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satu cara untuk mendapatkan klien adalah melalui situs freelance terbaik. Cukup daftar dan isi portfolio, freelancer yang sudah terdaftar bisa langsung ikut mencari pekerjaan yang cocok sesuai dengan skill yang dimiliki.

Lalu apa saja situs freelance terbaik yang bisa dicoba, simak daftarnya berikut ini.

situs freelance terbaik dan terpercaya

1. Projects.co.id

Projects.co.id adalah situs buatan dalam negeri yang bisa dipakai untuk mencari penghasilan tambahan dari rumah. Menariknya, situs ini dibuat oleh mantan freelancer sehingga platform ini menjamin klien akan mendapat layanan terbaik dan freelancer pun mendapatkan hak yang setimpal.

Selain menyediakan platform untuk menawarkan jasa freelance, salah satu yang unik dari situs ini adalah adanya fitur jual beli yang memungkinkan penggunanya untuk menjual jasa/produk melalui situs ini. Kebanyakan produk yang dijual berupa produk digital seperti ebook, video, dsb.

Hal unik lain dari situs ini adalah sistem afiliasinya. Dengan begitu pengguna situs ini bisa mempromosikan project yang ada di situs ini. Untuk setiap pengguna baru yang mengerjakan project tersebut, pemilik link referal akan mendapatkan komisi beberapa persen dari nilai proyek.

2. Sribulancer

Sama seperti situs freelance projects.co.id, Sribulancer juga asli buatan anak Indonesia. Pada situs ini ada banyak kategori pekerjaan dari berbagai bidang mulai dari pembuatan website, content writer, desain grafis, bisnis, pemasaran, terjemah, pembuatan aplikasi mobile, data entry, hingga edit file multimedia.

Proses pendaftaran di situs ini bisa dilakukan gratis. Meski begitu untuk bisa mendapatkan pekerjaan, freelancer harus melakukan proses bidding terlebih dahulu.

Untuk menjaga keamanan transaksi, Sribulancer menyediakan cara pembayaran escrow bernama Safepay. Dengan metode pembayaran ini, baik klien maupun freelancer dapat bertransaksi secara aman tanpa khawatir kehilangan uiang/tidak dibayar.

3. Sribu

Sribu adalah situs yang masih berkaitan dengan Sribulancer karena sama-sama didirikan oleh Ryan Gondokusumo. Beda dengan Sribulancer, Sribu lebih fokus pada pekerjaan desain grafis. Dengan begitu, proyek pada situs ini tidak jauh dari pembuatan logo, desain banner, desain tampilan website, hingga interior rumah.

Satu hal yang menarik, semua proyek yang tersedia di situs ini akan dibuat dalam bentuk kontes. Saat ada pekerjaan yang menarik, freelancer dapat mengirim karya terbaik mereka. Pemenang nantinya akan dipilih oleh pemilik proyek dan berhak atas hadiah yang disediakan.

4. Freelancer Indonesia

Frelancer adalah salah satu situs freelancer terbaik di dunia. Berasal dari Australia, situs ini mengembangkan sayap ke hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia.

Pada situs ini, pekerja lepas dapat memilih banyak proyek dari berbagai bidang mulai dari pemograman, desain, tulis menulis, sampai konsultasi hukum.

Sayang meski menyediakan situs berbahasa Indonesia, supportnya masih berbahasa Inggris dan sistem pembayarannya masih menggunakan metode insternasional. Selain itu akun gratisnya hanya bisa dipakai untuk melakukan beberapa bidding saja.

5. Fastwork Indonesia

Sama seperti Freelancer, Fastwork adalah startup asal luar negeri yang sama-sama mengembangkan layanan mereka di Indonesia. Bedanya, Fastwork berasal dari Thailand dan lebih fokus pada pasar Asia Tenggara.

Sama seperti situs freelance lain pada umumnya, Fastwork juga menyediakan freelancer terbaik bagi mereka yang membutuhkan jasa untuk mengembangkan bisnis dengan harga yang terjangkau.

Kategori yang disediakan pun sangat beragam mulai dari desain grafis, copywriting, terjemahan, data entry, pembuatan aplikasi Android, hingga jasa konsultasi.

6. Fiverr

Situs freelance lain yang layak dicoba adalah Fiverr. Di sini para pekerja lepas bisa menawarkan jasa sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

Berbeda dengan situs freelance pada umumnya, Fiverr memiliki skema yang berbeda. Di sini freelancer hanya perlu memasang biodata berisi deskripsi pekerjaan serta portfolio. Nantinya calon klien akan memilih sendiri freelancer yang akan mereka gunakan. Dengan cara semacam ini, pekerja lepas tidak perlu lagi melakukan bidding untuk mendapatkan pekerjaan.


Selain keenam nama di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi situs freelance terbaik lainnya seperti 99Designs, Guru.com, atau Upwork. Namun keenam nama di atas rasanya bisa menjadi tempat pertama yang harus dicoba oleh freelancer.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id