-->

[ADS] Top Ads

5 Tips Sukses Jualan Pulsa Online

PROFIT.web.id - Menjual pulsa dan kuota internet adalah peluang bisnis yang punya potensi bagus. Dengan semakin canggihnya gawai, kebutuhan akan pulsa dan kuota internet rasanya akan terus meningkat saja setiap tahunnya.

Apalagi dengan kasus pandemi seperti sekarang ini, bisnis pulsa menjadi salah satu bisnis yang laris saat pandemi Covid-19. Tidak heran karena setiap orang dianjurkan untuk berada di rumah namun tetap bekerja dan belajar seperti biasanya secara online.

Untung yang didapat dari bisnis pulsa dan kuota internet pun bisa lumayan besar. Sebagai contoh, dengan margin keuntungan Rp2.000 saja, 25 transaksi per hari saja akan mendatangkan keuntungan hingga Rp50.000. Jumlah yang cukup lumayan mengingat bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja dan di mana saja.

Enaknya lagi, menjual pulsa dan kuota internet kini bisa dilakukan tanpa memiliki stand fisik terlebih dahulu. Menjual pulsa semakin mudah dengan banyaknya online marketplace atau melalui platform sosial media.

Meski begitu, persaingan dalam memasarkan bisnis ini secara online lumayan berat, terutama buat mereka yang baru mulai. Agar bisa sukses, simak tips jualan pulsa online berikut ini dulu yuk!

tips sukses jual pulsa dna kuota internet online

1. Berikan Harga dan Pelayanan Terbaik

Dengan semakin banyaknya seller yang menjual produk yang sama, menawarkannya dengan harga (terbaik) tentu akan memperbesar peluang agar dilirk konsumen. Lagipula siapa sih yang tidak suka dengan harga yang murah? Toh produknya kan sama!

Lalu bagaimana cara agar bisa menjual pulsa dengan harga murah?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih agen/provide yang tepat. Carilah agen pulsa yang bisa memberi harga terbaik dan bisa diajak bekerja sama dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, kita bisa memberikan harga terbaik kepada konsumen tanpa perlu mengorbankan margin keuntungan dalam jumlah besar.

Selain harga, pelayanan adalah hal penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Bila pembeli puas dengan layanan yang diberikan, bukan tidak mungkin mereka akan kembali melakukan transaksi di tempat yang sama. Tidak hanya itu, pelayanan yang baik juga bisa membuat klien mempromosikan usaha kita secara gratis kepada teman dan kerabat mereka.

2. Ambil Margin Untung yang Proporsional

Meski bisa mendapat harga pulsa yang murah, bukan berarti kita bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah dibanding harga pasaran. Jika ingin menjual pulsa kepada konsumen, berikanlah harga yang wajar untuk konsumen. Jika ingin menjualnya pada agen lain, barulah pasang harga yang lebih rendah.

Menetapkan harga jual yang terlalu rendah akan membuat harga pulsa di pasaran menjadi rusak. Jika harganya sudah jatuh, kita mungkin malah bisa tekor sendiri. Tidak hanya itu, hal ini juga berpotensi memancing persaingan yang tidak sehat. Karena itulah, ambil margin keuntungan yang wajar-wajar saja.

Sebagai contoh, jika pulsa Rp21.000 dijual pedagang lain di harga Rp21.000, kita bisa menjualnya lebih murah di harga Rp20.500 atau Rp20.750. Meski terlihat kecil, margin seperti ini tetap dapat menarik perhatian calon pembeli, apalagi bagi mereka yang memang sering sekali membeli pulsa.

3. Usahakan Pulsa Selalu Tersedia

Satu hal yang cukup menyebalkan bagi pelanggan adalah ketika mereka mengetahui bahwa barang yang mereka cari ternyata tidak tersedia. Karena itulah, pastikan saldo pulsa selalu tersedia agar pelanggan tidak pindah ke seller lainnya.

Tidak hanya itu, tidak ada salahnya jika pulsa dibeli dari dua agen yang berbeda. Jadi ketika salah satunya sedang offline, kita bisa meminta dari agen pulsa lainnya.

4. Promosikan Bisnis Pulsa di Sosial Media

Kunci sukses lain dalam berbisnis pulsa dan kuota internet online adalah dengan memanfaatkan internet marketing. Salah satu bentuknya adalah dengan mempromosikan bisnis ini melalui platform sosial media.

Untuk melakukannya, promosikan bisnis pulsa secara teratur pada beberapa platform sosial media sekaligus. Beberapa akun sosial media yang bisa dijadikan sarana promosi antara lain Facebook, Twitter, atau Instagram.

Pastikan akun aktif dan posting produk secara berkala. Selain itu ada baiknya jika postingan dibuat secara teratur pada jam-jam tertentu. Dengan begitu pelanggan dapat mengikuti postingan dengan mudah sesuai jadwal postingan.

Meski begitu, hati-hati agar tidak terlalu sering melakukan promosi. Selain membuat orang lain bosan dengan postingan yang isinya itu-itu saja, posting terlalu banyak dalam waktu berdekatan juga bisa membuat akun dianggap spam. duh, repot kan kalau sampai di-banned?

5. Beri Diskon

Siapa sih yang tidak suka dengan harga diskon?

Dibanding menjual pulsa di bawah harga pasar, memberi diskon adalah cara yang lebih efektif dalam menggaet pelanggan dan meningkatkan penjualan tanpa harus merusak harga pulsa itu sendiri.

Diskon itu sendiri tidak selalu harus diberikan untuk setiap pembelian pulsa. Sebagai contoh, diskon bisa diberikan untuk pembelian pulsa dalam jumlah besar saja, misalnya di atas Rp500.000 adalah di atas 1 juta.

Perhitungan potongan harganya sendiri nanti bisa diatur sendiri selama masih ada margin keuntungan yang bisa didapat.


Demikianlah 5 tips sukses jual pulsa dan kuota internet secara online. Bagaimana, siap memulai bisnis ini sendiri?

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id