-->

[ADS] Top Ads

Syarat dan Cara Sewa Tempat Usaha di Depan Indomart dan Alfamart

PROFIT.web.id - Mencari lahan yang tepat adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Lahan yang ramai tentu berpotensi mendatangkan lebih banyak pembeli. Tidak hanya itu, lahan yang mudah dijangkau juga tentu akan lebih menguntungkan dibanding lahan dengan akses yang terbatas.

Sayangnya mencari lahan semacam ini bukanlah hal yang mudah. Selain tingkat kompetisi yang lebih tinggi, harga sewa kios di tempat yang strategis pun bisa cukup mahal, apalagi bagi mereka yang hanya ingin memulai bisnis kecil.

Untungnya saat ini ada program Mitra UMKM Indomart dan Tenant Alfamart. Dengan begitu kita bisa memulai bisnis dengan menyewa tempat usaha di depan kedua gerai waralaba tesrebut.

cara sewa lahan usaha di depan indomart dan alfamart

Memulai Bisnis dengan Sewa Tempat di Depan Indomart dan Alfamart

Jika diperhatikan, rasanya hampir seluruh lahan parkir milik gerai waralaba Indomart dan Alfamart digunakan untuk berjualan. Jenisnya pun bermacam-macam mulai dari jualan makanan ringan, minuman, hingga disewa untuk memasarkan kendaraan bermotor.

Dengan jumlah pengunjung harian yang tinggi, menyewakan lahan parkir menjadi salah satu cara gerai ini mendapatkan income tambahah dengan memanfaatkan aset yang tidak/jarang terpakai.

Hal ini pun membawa keuntungan bagi pihak gerai maupun pihak penyewa.

Kelebihan Menyewa Lahan Usaha di Depan Gerai Waralaba Indomart dan Alafamart

Menyewa lahan usaha di depat gerai waralaba seperti Indomart atau Alfamart memang memiliki banyak keuntungan dibanding sewa kios usaha biasa. Beberapa di antaranya antara lain.

1. Harga Sewa yang Murah

Biaya sewa di depan Alfamart dan Indomart dimulai dari Rp200.000 saja tergantung besarnya lahan yang akan digunakan serta lokasi gerai. Bayarannya pun dilakukan per bulan atau triwulan sehingga jauh lebih ringan dibanding menyewa kios usaha biasa.

2. Jumlah pengunjung yang cenderung banyak

Popularitas Indomart dan Alfamart rasanya kini tidak perlu diragukan lagi. Kedua gerai waralaba tersebut menjadi pilihan pertama banyak warga kota yang ingin memenuhi kebutuhan harian mereka.

Layanan yang disediakan pun kini tidak sebatas pada barang konsumsi saja, tapi juga layanan lainnya seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, penarikan uang, hingga pengiriman barang. Beberapa gerai yang lebih besar bahkan menyediakan makanan cepat saji yang langsung disiapkan di hadapan pembeli. Jadi jangan heran jika Indomart dan Alfamart tidak pernah sepi pembeli setiap harinya.

Dengan banyaknya pengunjung gerai waralaba, potensi pelanggan yang bisa didapat penyewa pun bisa lebih besar.

3. Lokasi Usaha yang Strategis

Pihak Indomart dan Alfamart akan melakukan survey terlebih dahulu sebelum mengizinkan gerai beroperasi di daerah yang telah dipilih pemilik franchise. Selain memastikan gerai tidak saling berdekatan dengan gerai lain atau pasar tradisional, hal ini juga dilakukan untuk memastikan apakah lokasi usaha tersebut strategis atau tidak.

Hal ini tentu membawa keuntungan tersendiri bagi penyewa yang ingin meminjam tempat berjualan di depan Indomart atau Alfamart. Dengan lokasi usaha yang strategis, tempat usaha pun akan lebih ramai pengunjung.

4. Izin Usaha yang Jelas

Salah satu hal yang seringkali menjadi ganjalan saat berjualan di tempat-tempat umum adalah izin usaha. Tanpa adanya izin usaha, sulit untuk memulai usaha tanpa khawatir sewaktu-waktu tergusur atau dihalangi satpol PP. Dengan menyewa tempat di depan Indomart dan Alfamart, lahan usaha kita jauh lebih terjamin.

5. Persyaratan yang mudah

Satu hal yang penting, syarat untuk menyewa lahan usaha di depan Indomart dan Alfamart cukup mudah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada bagian di bawah ini.

Cara Sewa Tempat Usaha di Depan Indomart dan Alfamart

Menyewa tempat di depan indomart dan Alfamart tidak butuh syarat yang berat. Kita hanya perlu menyiapkan foto kopi KTP beserta 1 lembar materai Rp6.000 saja. Selain itu kita juga hanya perlu mengisi formulir yang suidah disediakan pihak Indomart/Alfamart.

Jika ingin mendaftar, silahkan langsung tanyakan di gerai yang ada. Untuk keterangan lebih lanjut, kita bisa melihat langsung di situs resminya.

Mitra UMKM Indomart | Tenant Alfamart

Q & A Seputar Info Sewa Lahan Usaha Depan Indomart dan Alfamart

Q: Berapa biaya sewa lahan usaha di depan Indomart dan Alfamart?
A: Biaya sewa lahan usaha berbeda-beda tergantung luas lahan yang disewa. Selain itu biaya juga ditentukan berdasarkan lokasi Indomart/Alfamart yang ingin dituju. Secara umum, biaya sewa lahan tersebut berkisar antara Rp200.000 - Rp800.000 per bulannya.

Q: Fasilitas apa saja yang akan didapat pihak penyewa?
A: Lahan yang disediakan oleh pihak Indomart minimal berukuran 1,5x1m dengan maksimal 2x3m. Sementara di Alfamart berukuran 1,5mx1,5m. Selain itu pihak penyewa juga diberikan akses listrik sebesar 150-200 watt.

Q: Produk apa saja yang bisa dijual di depan Alfamart & Indomart?
A: Produk yang dijual tidak boleh sama persis dengan produk/jasa yang dijual di dalam gerai ritel tersebut, termasuk jual beli pulsa dan kuota internet.

Q: Makanan dan minuman apa saja yang boleh dijual di tempat tersebut?
A: Makanan apa saja boleh selama tidak sama persis dengan yang ada di dalam gerai. Sebagai contoh, makanan ringan olahan sendiri serta makanan & minuman franchise. Meski begitu makanan dan minuman ini harus dijajakan dengan sistem take away dan tidak menyediakan makan di tempat agar tidak mengganggu pelanggan lain yang ingin menunjungi gerai.

Q: Adakah info lain yang perlu diketahui penyewa lahan?
A: Perlu ditekankan pula bahwa pihak penyewa dilarang mendirikan bangunan permanen di lahan yang sudah disewa. Selain itu jam bukanya akan mengikuti jam buka gerai.

Demikian tata cara sewa lahan di depan Alfamart dan Indomart yang perlu diketahui. Jika ingin info lengkap,,silahkan datang langsung ke gerai Indomart/Alfamart terdekat.

6 komentar

  1. Terima kasih atas infonya, bermanfaat untuk mereka yang ingin mengembangkan umkm khususnya jajanan snack di lahan minimarket franchise...ternyata ratenya berbeda beda ya, mungkin tergantung seberapa luas gerobakan atau area usahanya dan tentunya seberapa strategis indomaret dan alfamaret yang akan ditebengi usaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, tarifnya memang berbeda-beda. Di daerah saya (tangerang) untuk yang letaknya agak ke dalam masih Rp200rb, tapi maju sedikit ke jalan yang lebih besar dan ramai sudah kena Rp300rb. Padahal jaraknya cuma beda sedikit dan lahannya sama-sama dapat 1,5x1,5M. Cuma memang tempat ramai lebih banyak kompetitornya, jadi walaupun harganya mahal, slotnya tetap penuh.

      Hapus
  2. wah bisa dicoba ni kalau usaha wonton adik saya mulai berkembang
    jadi engga boleh sama dengan yg di dalam ya

    seringnya memang kebab sama siomay yg saya lihat
    harganya juga relatif ya mas
    tks sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, selama gak sama kyk yang didalem gpp. Makanya biasanya lebih banyak usaha makanan semacam itu atau bisnis franchise.

      Hapus
  3. Kemarin aku sempat survei mas, sama teman buat bisnis minuman coklat kita. Ya ampun ternyata daftar tunggunya sudah panjang sekali, padahal kita pendekatan ke alfamart yang barusan buka lho. Gilak, memang favorit banget ya jualan di halaman alfa/indo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja dulu sempat survey pengen bikin gerai thai tea. Pas liat daftar tunggunya ternyata ada yang mau jual thai tea juga, akhirnya gak jadi deh, kekeke.

      Hapus

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id