-->

[ADS] Top Ads

7 Tips Mulai Jualan Pulsa Agar Tidak Rugi

PROFIT.web.id - Kebutuhan akan pulsa dan paket internet rasanya kian hari kian meningkat saja. Apalagi dengan situasi pandemi seperti saat ini di mana hal yang biasa kini lebih sering dilakukan secara online.

Mulai dari sekedar berkomunikasi dengan rekan kerja, pulsa dan kuota internet juga kini banyak dipakai anak sekolah untuk melakukan proses belajar secara daring. Belum lagi kebutuhan anak muda akan sosial media dan penggemar drama korea yang tidak mau ketinggalan episode terbaru. Pulsa dan kuota internet tentunya menjadi hal yang harus tersedia. Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis yang patut diperhitungkan. 

Meski margin keuntungannya kecil, perputaran modalnya sangat cepat. Apalagi bisnis pulsa dan kuota internet juga bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Dan jika memiliki konter, maka kita bisa menambah jumlah keuntungan dengan menjual produk-produk telekomunikasi lainnya.

Nah, agar sukses dalam bidang usaha ini, simak dulu yuk tips untuk mulai jualan pulsa agar tidak rugi!

Tips Memulai Usaha Jual Pulsa untuk Pemula

tips jual pulsa untuk pemula agar tidak rugi

1. Pilih Distributor Pulsa yang Baik

Distributor yang baik adalah kunci penting jika ingin sukses berbisnis pulsa. Dengan distributor pulsa yang baik, kita bisa menjual harga pulsa yang lebih bersaing. Tidak hanya itu, distributor pulsa yang baik juga memiliki server stabil yang bisa diandalkan dan siap memberikan support jika sewaktu-waktu ada masalah.

Karena itulah, jangan ragu untuk menyeleksi distributor pulsa sebelum mulai jualan pulsa. Bila perlu, tanyakan pada teman atau kerabat yang pernah berbinsis pulsa sebelumnya agar kita tidak salah memilih distributor pulsa yang terpercaya.

Jika menyeleksinya sendiri, kita bisa mulai dengan deposit kecil terlebih dahulu sebelum berkomitmen dengan deposit yang lebih besar. Dan untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya juga memilih lebih dari satu distributor pulsa agar gangguan pada satu distributor tidak menggganggu bisnis kita.

2. Jual dengan Harga yang Terjangkau

Dengan harganya yang kompetitif, menjual pulsa dan kuota internet tidak boleh sembarangan. Jika terlalu mahal, sulit untuk bersaing dengan banyaknya penjual pulsa lain di luar sana.

Meski begitu bukan berarti kita harus menekan harga pulsa serendah mungkin. Margin keuntungan yang terlalu kecil malah akan membuat bisnis kita sulit berkembang.

Lalu berapa harga pulsa yang harus kita jual?

Cara yang paling mudah adalah dengan membandingkan harga yang diberikan oleh kompetitor di sekitar. Dengan harga yang relatif sama, orang-orang biasanya akan lebih memilih tempat jualan pulsa yang lebih dekat.

Jika harga yang ditawarkan masih belum bisa bersaing, cari distributor lain yang menawarkan harga jual yang lebih murah.

3. Gunakan Strategi Saat Menjual Pulsa Bernominal Tinggi

Untung yang didapat dari bisnis pulsa sangatlah kecil. Untuk setiap transaksi, margin keuntungannya hanya berkisar antara Rp1.500 - Rp.3.000 tergantung nominal pembelian. Pulsa dengan nominal tinggi memang bisa dijual dengan untung yang lebih besar. Namun dibandingkan dengan menjual pulsa dalam jumlah yang sama, pulsa dengan nominal kecil justru jauh lebih untung.

Sebagai contoh, pulsa seharga Rp100K bisa dijual dengan untung Rp3K, sedangkan pulsa Rp10K hanya dapat untung Rp1.5K - Rp2K saja. Namun jika kita bisa menjual pulsa nominal kecil tersebut sejumlah Rp100K, keuntungan total yang didapat jelas jauh lebih besar.

Karena itulah kita harus menyiapkan strategi khusus dalam menjual nominal besar. Salah satu caranya adalah dengan membatasi nominal terbesar yang bisa dijual. Sebagai contoh, dengan menetapkan nominal terbesar Rp50K, maka pengisian pulsa Rp100K harus dilakukan dua kali. Dengan begitu keuntungan yang didapat masih lebih baik dibanding mengisi pulsa satu kali saja.

Strategi lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan diskon/cashback dari aplikasi online. Beberapa aplikasi seperti Shopee atau aplikasi PPOB seringkali menyediakan diskon untuk pembelian pulsa/kuota internet dengan nominal besar.

Memang keuntungan yang didapat dengan cara ini tidak akan langsung masuk ke kantong kita. Namun kita tidak akan terlalu rugi saat menjual pulsa dengan nominal besar.

4. Jangan Biasakan Orang Lain Berhutang

Dengan margin keuntungan yang kecil, tentu akan sulit untuk memutar uang hasil penjualan pulsa jika ada jumlah hutang yang besar dalam pembukuan kita. Makanya satu tips penting dalam bisnis pulsa dan kuota internet adalah dengan tidak membiasakan orang lain untuk berhutang.

Bagi pembeli, uang Rp500 atau Rp1.000 mungikin tampak tidak terlalu besar. Namun dalam bisnis ini, uang tersebut bisa saja bernilai setengah dari margin yang kita dapat. Belum lagi masalah sepele seperti ini seringkali mudah dilupakan oleh pembeli. Tidak jarang jika dibiarkan, kejadian ini malah akan terus-menerus terjadi.

Jadi, agar jualan pulsa tidak rugi, jangan biasakan orang lain untuk berhutang. Kalaupun ada, berikan hanya pada orang-orang yang sudah dipercaya saja. Dan jangan lupa untuk menentukan batas maksimal agar hutangnya tidak terlampau besar.

5. Pilih Lokasi Jualan yang Strategis

Untuk mendapatkan untung yang lebih besar, pemilihan lokasi yang tepat bisa menjadi salah satu langkah yang penting. Memilih lokasi strategis seperti terminal, stasiun, atau tempat umum lainnya tentu patut menjadi pertimbangan utama.

Namun jika baru merintis, tidak ada salahnya juga memulai dari pekarangan rumah sendiri. Siapkan saja spanduk dan stand kecil-kecilan agar lingkungan sekitar tahu kita membuka bisnis pulsa dan kuota internet.

Satu hal yang perlu diperhatikan, usahakan untuk membuka konter pulsa di tempat yang masih minim persaingan. Sebab tidak mudah untuk memulai bisnis ini di tempat yang sudah dikuasai pemain besar, apalagi jika harga yang ditawarkan masih lebih tinggi.

6. Promosi!

Jika memiliki usaha bisnis pulsa dengan harga yang bersaing, tidak ada salahnya jika kita mempromosikan bisnis tersebut di sosial media. Dengan begitu calon pembeli tidak terbatas dari lingkungan sekitar saja.

Agar lebih menarik, kita bisa mengupgrade bisnis pulsa konvensional kita agar dapat dibeli melalui aplikasi/website. Dengan begitu pelanggan dapat membeli pulsa langsung melalui aplikasi yang sudah disediakan kapan pun di mana pun.

7. Lakukan Pembukuan

Bisnis apapun tentu butuh pembukuan yang baik. Dengan pembukuan ini kita bisa mencatat besarnya modal, jumlah pemasukan, dan besar pengeluaran harian bisnis kita.

Meski sekilas tampak sederhana, buku catatan keuangan ini sangat membantu dalam menganalisis untung rugi bisnis. Dengan begitu kita bisa mengembangkan bisnis sesuai dengan kemajuan bisnis itu sendiri.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembukuan adalah memastikan kita memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Kalaupun kita mengambil untung dari bisnis tersebut, jangan lupa untuk mencatatnya.


Menjual pulsa dan kuota internet adalah salah satu peluang usaha yang patut dipertimbangkan saat akan menekuni bisnis. Meski keuntungan per transaksinya tidak terlalu besar, bisnis pulsa memiliki perputaran uang yang cepat dan bisa dilakukan dengan modal yang minim. 

Tidak hanya itu, bisnis pulsa juga menjadi salah satu bisnis tahan krisis. Cocok untuk menjadi peluang bisnis yang laris saat pandemi Covid-19. Agar sukses berbisnis pulsa dan kuota internet, jangan ketinggalan untuk mencoba tips jualan pulsa di atas yah!

2 komentar

  1. Salah satu bisnis sampingan yg aku lakuin, termasuk jualan pulsa :). Memang ga gede sih untungnya, tp masih jauuuh LBH lumayan daripad uangnya hanya aku tabung di bank. Bunga ga seberapa , kena tax pula :p. Makanya salah satu supaya idle moneyku berkembang, ya lewat jualan pulsa juga. Aku ga cari keuntungan gede, yg ptg uang bisa muter dan berkembang walo kecil :).

    Kalo ngarepin untung gede, itu beda lagi investnya :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget sis, kalau ada uang nganggur memang lebih baik disisihkan sebagian buat modal usaha. Resikonya memang lebih besar, tapi kalau diinvestasikan dengan benar hasilnya jauh lebih lumayan :)

      Hapus

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id