-->

[ADS] Top Ads

20 Ide Usaha Makanan Ringan yang Laris

PROFIT.web.id - Usaha makanan rasanya tidak akan pernah ada matinya. Setiap hari produk makanan ringan selalu saja laris diserbu pembeli meski jumlah penjualnya semakin banyak. Kegemaran warga Indonesia akan nyemil memang membuat usaha ini terus berkembang. Tidak heran jika setiap saat selalu saja ada inovasi makanan ringan baru yang akhirnya viral dan laris.

Ada beberapa alasan kenapa bisnis makanan sangat menjanjikan. Selain bisa dilakukan dengan modal rendah, beberapa jenis makanan juga bisa diolah oleh siapa saja. Jika tidak bisa memasaknya sendiri pun kini ada banyak bisnis franchise makanan ringan yang siap dijalankan.

Nah, jika ingin menggeluti bisnis ini juga, simak dulu yuk ide usaha makanan ringan yang laris berikut ini!

Contoh Bisnis Makanan yang Murah Meriah dan Laris

Ide usaha makanan ringan yang laris


1. Gorengan

Bicara bisnis makanan yang murah meriah tapi laris diserbu pembeli rasanya belum lengkap tanpa menyebut gorengan. Meski jumlah penjualnya cukup banyak, bisnis makanan ini tetap saja ramai.

Pembuatan gorengan sendiri sangat sederhana dan bisa dimulai dengan modal yang minim. Namun hasilnya juga tidak kalah menggiurkan meski dijual dengan harga murah.

2. Ayam Goreng Krispi

Ayam mungkin menjadi salah satu makanan paling populer di Indonesia, terutama untuk warga yang tinggal di perkotaan. Mau dimakan kapan saja, ayam selalu menjadi lauk yang nikmat untuk disantap.

Nah, salah satu bisnis makanan ringan yang laris adalah ayam goreng krispi. Selain rasanya juara, harganya yang terjangkau membuat makanan ini menjadi favorit banyak orang.

Untuk memulai bisnis ini kita bisa membuat ayam goreng krispi kita sendiri. Namun jika ingin lebih praktis, kita bisa bergabung dengan salah satu franchise ayam goreng krispi yang sudah ada.

3. Cilok

Ide usaha makanan ringan lain yang laris dan bisa dimulai dengan modal kecil adalah cilok. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar atau area sekitar sekolah. Peminatnya tidak terbatas pada anak sekolah saja, tapi juga orang dewasa.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Bahan dasar tepung terigu dan tepung tapioka dicampur dengan bumbu-bumbu. Setelah dibentuk bulat dan dikukus, cilok dapat disajikan dengan beragam bumbu seperti bumbu kacang, kecap, atau saus sambal.

4. Makaroni Goreng

Macaroni adalah salah satu makanan berbahan dasar tepung yang biasanya dimasak dan disajikan dengan saus atau keju. Namun selain itu, makaroni juga sering dijadikan cemilan lezat dengan cara digoreng dan disajikan dengan bumbu penyedap atau cabai bubuk.

Camilan makaroni goreng ini juga menjadi salah satu ide usaha makanan ringan yang cukup laris di pasaran. Rasanya yang gurih dan renyah membuat camilan makaroni goreng enak untuk disantap kapan saja.

5. Basreng

Basreng, atau baso goreng, adalah olahan bakso yang disajikan dalam tampilan yang berbeda. Jika umumnya baso disajikan dalam kuah dan bercampur dengan mie, maka di sini bakso justru digoreng dan disajikan dengan saus dan beragam bumbu penyedap.

Sama seperti bakso pada umumnya, rasa bakso yang nikmat juga membuat makanan ini laris diserbu pembeli. Terutama jika kita menjajakannya di sekitar sekolah atau kampus. Proses penyajiannya pun tidak rumit karena kita hanya perlu menggoreng bakso dan menyiramnya dengan bumbu saja.

6. Tahu Bakso

Selain menyajikannya dengan digoreng, kita juga bisa mengkombinasikan baso dan tahu agar rasanya lebih nikmat. Selain menjualnya dalam bentuk yang sudah digoreng, makanan olahan tahu dan bakso ini juga bisa dipasarkan sebagai frozen food dan dijual dalam bentuk beku.

7. Tahu Kremes

Tahu memang nikmat untuk diolah menjadi beragam bentuk makanan. Selain digoreng seperti biasa, makanan ini juga bisa disajikan dalam bentuk tahu kremes. Beda dengan cara penyajian biasa, tahu lebih dulu dibalur dengan tepung bumbu ayam goreng. Setelah digoreng, tahu bisa disajikan dengan penyedap rasa atau cabai bubuk.

8. Pizza Mini

Pizza mini adalah alternatif pizza yang biasa dijual di gerai-gerai makanan besar. Porsinya yang kecil membuat pizza mini nikmat disantap sendirian. Lagipula harganya juga lebih murah dibanding membelinya di gerai besar.

Untuk memulai bisnis ini, kita bisa belajar membuat pizza sendiri. Agar menarik, sediakan topping yang banyak dicari orang seperti sosis, jamur, keju, atau daging cincang.

9. Martabak Mini

Martabak adalah salah satu jajanan yang populer di Indonesia. Makanan yang biasa disantap saat sore dan malam hari ini sering menjadi pilihan utama saat berkunjung ke rumah orang lain.

Selain menjualnya dalam porsi biasa, kita juga bisa menjual martabak mini dalam porsi yang lebih kecil. Harganya yang murah tentu menjadi nilai jual tersendiri. Agar lebih menarik, kita bisa menjual martabak dengan topping yang tidak ditemukan pada martabak biasa.

10. Sosis Bakar

Bisnis makanan sosis bakar kini bisa dengan mudah kita jumpai di mana-mana. Selain rasanya yang enak, harga sosis bakar juga sangat terjangkau. Untuk memulai bisnis ini pun tidak butuh modal besar dan keterampilan tertentu. Cukup bakar sosis dengan pemanggang lalu sajikan dengan saus sambal atau mayonaise. Agar pilihannya lebih banyak, sediakan juga sosis dalam beragam rasa dan ukuran.

11. Roti Bakar

Roti bakar adalah makanan yang nikmat disantap saat sore dan malam hari, apalagi jika ditemani dengan segelas kopi. Proses pembuatan roti bakar sendiri tidak terlalu rumit dan tidak butuh peralatan mahal. Roti tawar yang digunakan sebagai bahan baku pun tidak sulit didapat, begitu pula selai yang digunakan. Jadi jika mencari ide usaha makanan ringan yang laris, tidak ada salahnya mencoba bisnis roti bakar ini.

12. Singkong Keju

Singkong biasanya identik dengan makanan kampung. Nammun jika diolah dengan benar makanan ini bisa disukai siapa saja. Salah satu ide bisnis makanan dengan bahan makanan ini adalah singkong keju. Agar rasa yang dihasilkan sempurna, pastikan singkong yang dipilih berkualitas.

13. Takoyaki

Meski berasal dari Jepang, takoyaki menjadi salah satu makanan ringan yang cukup laris. Tidak hanya anak-anak, takoyaki pun digemari oleh banyak orang dewasa.

Untuk membuatnya, kita memerlukan alat penggorengan khusus dengan cetakan berbentuk bulat-bulat kecil. Resep membuat takoyaki bisa dengan mudah ditemukan di internet. Namun untuk membuatnya diperlukan latihan agar takoyaki bisa matang secara merata dan memiliki bentuk bulat yang sempurna.

14. Kerupuk

Kerupuk menjadi makanan pendamping yang tidak boleh dilewatkan bagi sebagian besar orang. Rasanya yang renyah dan gurih membuat kerupuk cocok untuk disajikan dengan makanan apa saja. Untuk menjualnya, kita bisa menitipkannya di warung atau tempat makan yang ramai pembeli. Selain itu kita juga bisa mengemas krupuk dalam kemasan dan menjualnya secara online, baik dalam keadaan matang maupun dalam keadaan mentah.

15. Keripik

Selain krupuk, cemilan gurih lain yang tidak kalah digemari di Indonesia adalah keripik. Saking populernya, kripik tidak hanya dibuat oleh usaha rumahan saja, tapi juga pebisnis besar. Jadi jangan heran jika kita bisa menemukan varian produk kripik dijajakan di supermarket dan gerai waralaba lainnya.

Beda dengan kerupuk, keripik umumnya disantap sebagai cemilan, bukan sebagai pendamping nasi. Beberapa jenis kripik yang cukup populer antara lain keripik tempe, keripik tahu, keripik pisang, dan keripik singkong.

16. Piscok

Piscok, alias pisang coklat adalah makanan khas yang dibuat dengan mengkombinasikan manisnya pisang dan coklat. Makanan ini cukup mudah dibuat. Kita hanya perlu menyiapkan adonan dari tepung yang sudah dicampur coklat sebagai kulitnya. Pisang yang sudah dikupas nantinya dibalut dengan kulit adonan tesrebut lalu dilumuri coklat dan digoreng. Untuk menambah varian rasa, kita juga bisa mengganti coklat atau mencampurnya dengan rasa lain seperti selai buah, keju, dan lainnya.

17. Nugget Pisang

Selain piscok, makanan ringan olahan pisang lain yang bisa jadi ide bisnis makanan adalah pisang nugger. Beda dengan piscok, nugget pisang dibuat dengan menggoreng pisang menggunakan tepung roti. Setelah selesai, nugget pisang bisa ditambahkan beragam topping lezat mulai dari coklat, susu, krim, selai buah, dan masih banyak lagi.

18. Seblak

Seblak adalah makanan khas yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Rasanya yang pedas membuat makanan ini populer di kalangan remaja dan orang dewasa. Jadi jika mencari ide bisnis makanan ringan yang populer, seblak bisa jadi pertimbangan.

Seblak dibuat dengan memasak kerupuk dan telur ke dalam kuah pedas. Sebagai pendamping, seblak juga bisa ditambahkan beragam jenis bahan makanan lain seperti sosis, ceker ayam, sawi, jamur, telur puyuh, dan masih banyak lagi. Uniknya, pembeli juga bisa memesan seblak dengan tingkat kepedasan tertentu.

19. Jamur Krispi

Ide usaha makanan ringan yang laris berikutnya adalah jamur krispi. Jamur yang digunakan adalah jenis jamur tiram yang mudah dijumpai dan memiliki harga yang murah.

Setelah dicuci dan dipotong-potong, jamur bisa dilumuri adonan tepung. Adonannya sendiri biasa menggunakan adonan yang sama dengan adonan untuk ayam kripsi. Dengan begitu jamur akan terasa lebih gurih dan nikmat. Untuk menambah cita rasanya, kita juga bisa menambahkan taburan bumbu seperti rasa balado, BBQ, keju, atau jagung bakar.

20. Aneka Kue Tradisional

Aneka jajajan pasar tradisional selalu mendapat tempat di hati kita meski kini ada banyak variasi makanan lain yang berasal dari luar negeri. Dengan rasanya yang khas, makanan tradisional ini memiliki penggemarnya sendiri, jadi cocok untuk dijadikan bisnis.

Agar lebih sukses berjualanan makanan tradisional, kita bisa menjual beberapa varian makanan sekalgus untuk memenuhi selera pembeli. Beberapa jajanan pasar tradisional yang laris dibeli pembeli antara lain kue apem, bolu kusus, dadar gulung, getuk, klepon, kue cucur, lapis legit, lemper, serabi, wajik, kue pukis, dan masih banyak lagi. 

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id