-->

[ADS] Top Ads

9 Situs Jual Foto Terbaik dengan Bayaran Tinggi

PROFIT.web.id - Punya hobi fotografi?Ssudah pernah coba jual karya di situs jual foto terbaik berikut ini belum?

Sesuai dengan namanya, situs jual foto adalah situs di mana kita bisa menjual hasil karya fotografi. Caranya pun cukup mudah karena kita hanya perlu mengupload foto saja. Saat ada orang lain yang membeli foto tersebut untuk keperluan mereka, maka kita akan mendapatkan fee dalam jumlah tertentu.

Menjual foto melalui situs jual foto sendiri menjadi cara menjual foto yang lebih mudah dibanding melakukannya sendiri. Selain tidak perlu lagi mencari pasar, kita pun hanya tinggal tahu beres saja. Makanya menjual foto di situs semacam ini sering kali menjadi ide passive income bagi mereka yang hobi fotografi.

Nah, jika berminat untuk menjual foto juga, simak dulu yuk daftar situs jual foto terbaik berikut ini.

Situs Jual Foto Terbaik

situs jual foto terbaik dengan bayaran tinggi

1. Shutterstock

Shutterstock rasanya menjadi situs jual foto online yang paling populer di antara situs lainnya. Dengan jumlah pelanggan besar yang berasal dari seluruh dunia, situs yang memiliki 200 juta konten ini memang layak dipertimbangkan.

Agar foto bisa terjual di Shutterstock, foto yang kita unggah harus melalui proses review terlebih dahulu. Jika disetujui, maka foto bisa tampil di halaman Shutterstock agar orang lain bisa melihat dan membelinya.

Proses reviewnya sendiri cukup ketat untuk memastikan foto memenuhi standar kualitas Shutterstcok. Namun setelah berhasil menjadi kontributor, kita bisa memperoleh fee sebesar 20%-30% dari harga jual foto tersebut.

Selain menjadi kontributor, kita juga bisa mendapatkan fee dengan merekomendasikan situs ini pada orang lain. Melalui program referal Shutterstock, kita bisa mendapat komisi setiap kali ada orang lain yang menjadi kontributor atau membeli dari situs jual foto ini.

2. Dreamstime

Dreamstime adalah salah satu situs microstock berpengalaman dan sudah berdiri sejak tahun 2004.

Sama seperti Shutterstock, situs jual foto ini memiliki komunitas fotografi yang luas dan memiliki banyak anggota.

Sebelum bisa menjual foto di situs ini, kita harus melalui proses review terlebih dahulu. Jika sudah berhasil lolos, barulah kita bisa menghasilkan uang dari situs jual foto tersebut. Untuk setiap foto yang terjual, kita bisa mendapatkan komisi yang berkisar antara 20%-60% dari harga jual foto tersebut.

3. Alamy

Situs jual foto terbaik lain yang patut dipertimbangkan adalah Alamy. Dengan koleksi lebih dari 215 juta konten, kita bisa menjual beragam karya mulai dari foto stock, gambar vector, foto panoramic, hingga video.

Satu hal yang menarik, Alamy memiliki aplikasi khusus bernama Stockimo. Melalui aplikasi ini kita bisa menjual foto dari iPhone dan mendapatkan uang dari foto-foto selfie yang ada di hape kita.

Untuk setiap foto yang terjual, kita bisa mendapatkan komisi sebesar 40% dari harga jual foto. Namun jika kita menjualnya secara ekslusif di Alamy, komisi yang didapat meningkat menjadi 50%.

4. iStock

iStock adalah situs yang sudah ada hampir dua dekade silam. Dengan sejarahnya yang panjang, situs ini memiliki jaringan kontributor yang luas dari seluruh dunia.

Sebelum bisa menjadi kontributor di situs jual foto ini, kita harus mengirimkan beberapa foto, ilustrasi digital, atau video sebagai sampel untuk proses review di iStock. Jika sudah menjadi kontributor, kita bisa mendapatkan fee sebesar 15% saat ada yang membeli gambar dari situs tersebut.

Jika kita menjual foto secara ekslusif di situs ini, komisi yang didapat bisa lebih besar, antara 22%-45% dari nilai jual foto.

5. Adobe Stock

Adobe Stock sebelumnya bernama Fotolia, salah satu situs yang dikenal sebagai peloper marketplace jual beli foto online. Komisi yang bisa didapat dari situs ini cukup besar dibandingkan situs jual foto lainnya. Tergantung jenis langganan pengunduh foto, fee yang bisa diterima berkisar antara 20%-60% dari harga jual foto.

Satu hal yang menarik, semua foto yang diupload di situs ini akan masuk dalam Adobe Stock Library. Ini artinya foto yang kita upload juga akan tersedia pada semua aplikasi Adobe dan menjangkau jauh lebih banyak pembeli potensial.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah masalah hak cipta. Foto yang dijual di situs ini bersifat non-ekslusif. Artinya foto yang dijual di Adobe bisa juga dijual di situs lainnya. Dengan begitu kita bisa mendapatkan lebihbanyak komisi dari satu foto saja.

6. 500PX

Situs yang sebelumnya bernama 500px Prime ini adalah situs unik yang membatasi ukuran foto yang bisa diupload sebesar 500 piksel. Di situs ini kita bisa mengikuti fotografer lain, menjual karya kita di marketplace, dan mengikuti kompetisi Photo Quest untuk memenangkan hadiah menarik.

Besarnya komisi yang bisa didapat di situs ini tergolong besar. Untuk setiap foto yang terjual kita bisa mendapatkan komisi sebesar 70%. Namun jika kit menjual foto secara ekslusif di situs ini, maka nilai komisinya bisa lebih besar.

7. Etsy

Etsy adalah situs yang lebih dikenal sebagai marketplace untuk produk-produk handmade seperti dekorasi rumah, kostum, serta pernak-pernik menarik lainnya. Jadi mungkin tidak banyak yang tahu kalau di situs ini kita juga bisa menjual foto.

Komisi yang diberikan sendiri termasuk sangat besar. Untuk setiap foto yang terjual, Etsy hanya memungut bayaran sebesar 20 sen + 3.5% dari harga jual foto.

Tidak hanya itu, ada satu hal penting lain yang patut jadi pertimbangan. Meski tidak khusus menjual foto, Etsy memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak dibanding situs jual foto lainnya. Selain itu kebanyakan pengunjung adalah orang-orang yang siap membeli dari situs ini.

JIka memutuskan untuk menjual foto di Etsy, kita juga bisa menawarkan hal lain selain foto/ilustrasi digital untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah jasa printing untuk mencetak foto/gambar pada beragam medium yang disukai pengunjung.

8. FOAP

FOAP adalah aplikasi yang menghubungkan lebih dari 3 juta anggota komunitas dari seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, kita bisa mengupload foto profesional atau menjual foto dan mendapatkan komisi sebesar $5.00 untuk setiap foto terjual.

Selain menjual foto, kita juga bisa mendapatkan uang dari FOAP dengan mengikuti kontes berhadiah ratusan hingga ribuan dollar. Untuk mendapatkan komisi tambahan, kita juga bisa menjual foto secara online melalui partner FOAP seperti Adobe atau Alamy.

9. 123RF

Situs jual foto terbaik yang terakhir adalah 123RF. Situs ini akan memasarkan foto kita kepada lebih dari 5 juta calon pembeli yang berasal dari 44 negara berbeda. Setelah kita berhasil menjadi kontributor, kita bisa mendapatkan komisi yang berkisar antara 30%-60% dari setiap lisensi yang terjual.

Sebagai informasi tambahan, seluruh konten yang dijual di situs ini bersifat non-ekslusif, jadi kita bisa menjual foto yang sama di tempat lain selain situs ii.


Tidak hanya sebagai hobi, fotografi bisa menjadi ladang uang yang potensial jika digarap secara serius. Melalui situs jual foto terbaik di atas, kita bisa menjual hasil harya kita dengan mudah tanpa perlu membuat website sendiri.

Satu tips sukses menjual foto di situs microstock seperti Shutterstock atau 500px adalah dengan melihat niche yang lebih banyak dicari orang. Sebagai contoh, foto yang banyak dibeli pengunjung biasanya tidak jauh dari tema orang, pekerjaan, traveling, atau makanan. Selain itu perhatikan juga komisi yang bisa didapat. Jika sukses di bisnis stock photo, penghasilan yang bisa didapat per bulannya cukup lumayan lho!

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id