-->

[ADS] Top Ads

Kelebihan dan Kekurangan Buat Toko Online Sendiri

PROFIT.web.id - Bisnis online adalah bisnis yang bisa dimulai oleh siapa saja. Salah satu kelebihannya tentu ada pada jangkauan pelanggan yang lebih luas dibanding dibanding membuat toko konvensional. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan dari mana saja selama masih terhubung dengan koneksi internet.

Cara memasarkan produk/jasa secara online sendiri kini bermacam-macam. Pilihan yang populer adalah menjual produk lewat situs jual beli atau online marketplace. Namun pilihan yang tidak kalah menarik adalah membuat toko online sendiri.

Dibandingkan berjualan di marketplace, membuat toko online sendiri memang butuh biaya lebih. Namun hal ini akan sebanding dengan beragam manfaat yang bisa didapat bila dibandingkan jualan di marketplace. Jika masih ragu, simak dulu yuk kelebihan dan kekurangan membuat toko online sendiri untuk melihat apakah opsi ini sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

kelebihan dan kekurangan toko online

Kelebihan Toko online

1. Bebas Mengendalikan Bisnis

Saat berjualan online di marketplace, maka pengguna harus tunduk pada setiap ketentuan dan kebijakan yang sudah diatur oleh pihak marketplace. Hal ini tentu beda dengan memiliki toko online sendiri di mana pebisnis lebih flexibel dalam menentukan alur kerja serta model bisnis mereka sendiri.

2. Margin Keuntungan yang Lebih Besar

Satu kekurangan mendasar dalam berjualan di online marketplace adalah masalah harga. Dengan tingkat persaingan yang tinggi, sulit untuk bisa sukses jika harga yang kita tawarkan masih lebih tinggi dibanding kompetitor lainnya.

Bila memiliki toko online sendiri, kita bisa lebih bebas dalam menentukan harga. Dengan begitu margin keuntungan yang didapat bisa lebih besar.

Selain itu kita juga tidak perlu mengiklankan produk agar bisa muncul sesuai dengan kata kunci yang dicari pembeli. Dengan memiliki toko online sendiri, kita bisa mengatur produk mana yang ingin dipromosikan.

2. Bisa Memiliki Database Pelanggan

Meyakinkan pelanggan baru adalah hal yang cukup sulit saat memulai bisnis online. Beda dengan pelanggan lama yang pernah membeli dari toko online kita.

Sayangnya berjualan di marketplace tidak memungkinkan seller untuk dapat memiliki database konsumen mereka sendiri. Dengan begitu akan sulit bagi penjual untuk melakukan retargeting pada pelanggan mereka. Padahal profit yang bisa didapat melalui cara ini bisa cukup besar.

3. Pas untuk Branding

Jika ingin brand bisnis dikenal oleh konsumen, maka membuat sebuah toko online adalah opsi terbaik.

Saat pembeli puas dengan kualitas produk serta layanan yang kita berikan, umumnya mereka akan mengingat nama situs tempat mereka membeli produk tersebut. Sayangnya jika pembeli mendapatkan produk di sebuah online marketplace, maka nama situs tersebutlah yang akan mereka ingat.

Dengan memiliki toko online sendiri, maka ketika pembeli akan melakukan pembelian ulang, mereka akan mengingat nama brand/toko kita.

4. Tidak Tergantung Pihak Lain

Memiliki toko online sendiri akan membuat bisnis online tidak selalu tergantung kepada layanan dari pihak ketiga. Lagipula kita tidak akan pernah tahu sampai kapan sebuah marketplace bisa bertahan lama. Beda dengan toko online yang akan selalu ada selama tetap diurus dengan baik.

5. Berpeluang Menggaet Pasar Global

Perkembangan internet memungkinkan pelaku bisnis untuk menjangkau siapapun tanpa ada batas geografi. Meski jualan di marketplace memungkinkan bisnis untuk mengembangkan saya ke seluruh nusantara, toko online memiliki cakupan yang jauh lebih luas. Jika dibuat dengan seksama, toko online sendiri bahkan bisa menjangkau pelanggan mancanegara.

Kekurangan Toko Online

1. Perlu Biaya

Membuat website untuk toko online membutuhkan biaya. Dua hal yang paling utama adalah nama domain dan hosting. Nama domain adalah nama yang nantinya akan digunakan sebagai alamat website, sedangkan hosting diperlukan untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti file instalasi hingga foto produk. Selain kedua hal tersebut, masih ada beberapa hal lain yang juga patut diperhitungkan seperti tema premium untuk toko online hingga plugin untuk situs e-commerce.

Di antara semuanya, hosting menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang. Selain penting sebagai pondasi website, hosting juga memiliki harga yang jauh lebih mahal, apalagi jika digunakan untuk membuat sebuah toko online.

Untungnya kini ada cukup banyak penyedia hosting Indonesia yang menawarkan server berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Lokasi servernya bahkan bisa disesuaikan dengan target pengunjung toko online tersebut.

Salah satu rekomendasi hosting untuk toko online yang bisa dipilih adalah Qwords. Dengan paket Business Cloud Hosting-nya, kita bisa membuat website untuk bisnis online yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

paket hosting terbaik untuk toko online dari Qwords
Paket hosting Qwords cocok untuk beragam bisnis online

Mulai dari Rp150.000, kita sudah bisa mendapatkan website dengan 2 CPU Core, 3GB RAM, unlimited bandwith, 30GB storage, serta domain gratis dengan TLD .com.

Tidak hanya itu, semua paket Business Cloud Hosting juga sudah dilengkapi Ultrafast SSD, Litespeed, serta Brotli Compression yang akan membuat website lebih cepat diakses pengunjung. Selain itu ada juga fitur free SSL dan HTTP3 Enabled yang akan membuat transaksi lewat toko online menjadi lebih aman.

Jika toko berkembang dengan pesat, masih ada opsi upgrade yang bisa meningkatkan kemampuan prosesor serta kapasitas penyimpanan hingga 130GB.

2. Perlu Pengetahuan Teknis untuk Mengelola Website

Selain biaya, hal lain yang diperlukan untuk membuat sebuah website untuk toko online adalah keterampilan untuk membuat website itu sendiri. Jika belum pernah mencobanya, membuat website bisa cukup membingungkan.

Untungnya bagi pemula ada langkah yang lumayan simpel. Dengan kombinasi Wordpress + Tema Toko Online + WooCommerce, proses pembuatan toko online bisa dilakukan lebih mudah dibanding membuatnya dari awal. Namun jika dirasa merepotkan, kita bisa menyewa orang lain untuk membuat serta melakukan maintenance.


Membuat toko online adalah salah satu cara yang tepat untuk memulai bisnis online, apalagi jika kita memiliki brand/produk sendiri yang ingin kita pasarkan.

Meski terlihat sulit, membuat toko online menjadi lebih mudah dengan adanya Wordpres dan WooCommerce. Sebagai langkah awal, kita bisa memulainya dengan menyewa hosting murah berkualitas seperti Qwords.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id