-->

[ADS] Top Ads

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Waralaba untuk Pemula

PROFIT.web.id - Bisnis franchise atau waralaba adalah bentuk kerja sama bisnis antara pemilik merk, produk, atau sistem operasional dengan pihak kedua berupa pemberian izin untuk pemakaian merk, produk, dan sistem operasional. Dengan kata lain, sistem franchise memungkinkan kita untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan produk jadi yang sudah disediakan orang lain.

Contoh bisnis waralaba sendiri cukup banyak dan bisa dilihat di mana-mana, mulai dari bisnis waralaba modal kecil seperti ayam goreng crispy hingga bisnis franchise bermodal besar seperti gerai minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.

Banyaknya kelebihan bisnis franchise membuat jenis bisnis ini cukup populer. Salah satunya adalah promosi yang lebih mudah karena brand waralaba sudah cukup dikenal dan dicari banyak orang.

Namun dengan banyaknya merek dan pilihan yang tersedaia dipasaran, akan sulit rasanya memilih bisnis waralaba yang ingin dijalankan. Bagaimana Anda memilih salah satu? Berikut adalah 3 tips dalam memilih waralaba untuk dijalankan sebagai usaha Anda.

tips memulai bisnis waralaba untuk pemula

1. Jeli Melihat Peluang

Jeli melihat kesempatan usaha adalah salah satu modal penting dalam memulai sebuah usaha, termasuk bisnis waralaba. Untuk melihat peluang usaha, kita bisa melakukan survey kecil-kecilan dan meliht bisnis apa saja yang belum ada di sekitar daerah tersebut. Misalnya jika di suatu lokasi masih belum ada usaha laundry sementara permintaannya cukup tinggi, maka potensi bisnis wralaba laundry akan lebih menguntungkan.

Jika sudah ada pun kita masih sebenarnya masih bisa membuka jenis usaha waralaba yang sama. Namun untuk melakukannya kita harus mengetahui dulu kekurangan bisnis kompetitor. Dengan begitu ada nilai plus yang bisa ditawarkan pada bisnis waralaba kita.

2. Pilih Bisnis Sesuai Minat dan Keahlian

Jika bingung memilih bisnis waralaba, kenapa tidak memilih sesuai minat atau passion. Misalnya, jika tertarik pada kuliner akan lebih cocok untuk mencoba bisnis franchise yang masih berhubungan dengan makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Dengan memilih bisnis waralaba sesuai minat, tingkat keseriusan kita dalam mengurus bisnis juga akan ikut meningkat. Usaha yang dilakukan dan proses belajar yang kita lalui pun tidak akan terlalu terasa karena kita menjalankan bisnis sepenuh hati.

Selain berdasarkan minat, kita juga bisa memilih waralaba sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Saat memulai bisnis untuk pertama kalinya, ada banyak hal yang harus dipelajari. Dengan memiliki keahlian di bisnis yang dijalani, kita tidak perlu lagi mempelajari banyak hal dalam satu waktu dan bisa fokus belajar pada sisi bisnisnya saja.

3. Cek Potensi Keuntungannya

Dalam proses ini kita harus benar-benar hati-hati dan teliti dalam memilih bisnis franchise yang akan dijalankan. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah, apakah produk waralaba tersebut memiliki peminat yang banyak atau tidak?

Semakin banyak peminat tentu akan semakin bagus, karena artinya ada profit besar pula di balik usaha tersebut.

Jadi jangan memilih bisnis franchise hanya karena modalnya kecil saja. Pastikan juga bisnis tersebut memiliki jumlah peminat yang tinggi agar bisnis franchise yang dijalankan memiliki banyak calon pembeli.

4. Pelajari Bisnis Franchise

Setelah menentukan bisnis franchise, langkah selanjutnya adalah mempelajari penawaran serta analisa investasi yang disediakan bisnis tersebut. Dalam proposal tersebut penting untuk melihat besar modal yang diperlukan, apa saja fasilitas yang didapat, hingga besarnya perkiraan omzet dan laba bulanannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek benefit lain seperti support.

Tidak kalah pentingnya, pastikan waralaba memiliki sistem manajemen yang baik. Dengan begitu bisnis yang kita pilih juga bisa lebih mudah berkembang dan tidak bermasalah di kemudian hari.

Dan jika memilih bisnis franchise makanan atau minuman, cek produk terkait masalah label halal dan izin dari Dinas Kesehatan terkait.

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Tips sukses bisnis waralaba lainnya adalah memilih lokasi yang strategis. Semakin ramai lokasinya tentu akan baik untuk bisnis karena ada lebih banyak calon pembeli di tempat tersebut. Dengan begitu hasil yang didapat bisa lebih maksimal dan sangat mungkin melampaui target omzet bulanan.

Meski begitu ada satu hal yang patut diperhatikan. Lokasi strategis umumnya memiliki nilai sewa yang lumayan mahal. Jadi sesuaikan dulu proyeksi keuntungan yang didapat agar biaya sewa lokasi tidak memberatkan bisnis franchise kita nantinya.

Sebagai alternatif, kita juga bisa mempertimbangkan untuk sewa lahan di depan Alfamart atau Indomaret sebagai lokasi bisnis franchise. Apalagi banyak bisnis franchise yang tidak butuh lahan besar.

Selain murah, lokasi gerai waralaba sudah melalui proses survey yang baik untuk memaksimalkan profit gerai tersebut. Proses pengajuan sewanya pun cukup mudah meski mungkin kita harus mengunggu terlebih dahulu karena ada cukup banyak peminat.

6. Beri Pelayanan yang Baik

Jika kita memilih bisnis franchise yang umum dan sudah dilakukan banyak orang, kita butuh strategi tambahan agar bisnis memliki nilai plus di mata pelanggan. Nah, cara yang paling mudah untuk mendapatkan nilai plus tersebut adalah dengan memberi pelayanan yang baik.

Cara untuk melakukannya pun cukup mudah. Kita hanya perlu melayani semua pelanggan dengan ramah dan sopan. Mengenal pelanggan dan mengingat nama serta kebiasaan mereka juga bisa dilakukan. Memang hal ini sekilas sepele, namun pelanggan akan merasa nyaman dan lebih dekat dengan bisnis yang kita jalankan. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan yang setia dan merekomendasikan bisnis franchise kita kepada orang lain.


Membuka bisnis waralaba adalah salah satu cara mudah untuk memulai bisnis. Meski sudah didukung oleh tim manajemen yang baik, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sendiri agar bisnis waralaba dapat berjalan baik dan optimal.

Jika dimulai dengan baik, bisnis franchise dapat berkembang dengan baik pula. Dan jika sudah berjalan dengan optimal, bisnis franchise bisa menjadi salah satu sumber passive income kita nantinya.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id