-->

[ADS] Top Ads

7 Ide Usaha Kuliner Home Industri dengan Modal Kecil

PROFIT.web.id - Usaha kuliner menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Salah satu keuntungan bisnis kuliner adalah modalnya yang relatif kecil dan bisa dijalankan dari mana saja, termasuk dari rumah sendiri.

Dengan menggunakan tenaga sendiri plus promosi gratis via sosial media, modal yang diperlukan hanya berupa bahan baku saja. Apalagi peralatan yang dibutuhkan bisa ditemukan dengan mudah selama kita sudah memiliki dapur.

Dengan keuntungan yang cukup lumayan, beberapa ide usaha kuliner ini bisa dipertimbangkan saat ingin membuka home industri dengan modal kecil.

Pilihan ide usaha home industri

usaha kuliner home industri dengan modal kecil

Saat ini ada banyak pilihan usaha kuliner yang bisa dijadikan home industri. Salah satunya adalah makanan ringan yang bisa dibuat dengan mudah dan bertahan cukup lama saat dikemas dengan baik.

1. Aneka Keripik

Makanan ringan ini bisa dengan mudah ditemui di mana saja, mulai dari pinggir jalan hingga mall-mall besar. Rasanya yang renyah dan kaya rasa membuat camilan keripik menjadi salah satu ide usaha makanan kecil yang laris di kalangan masyarakat indonesia.

Beberapa varian keripik yang laris dan cukup populer antara lain keripik singkong, keripik tempe, dan keripik tahu.

Bahan yang diperlukan untuk membuat keripik tidaklah sulit didapat. Selain itu harganya pun tergolong murah meriah. Bahan baku lain seperti minyak, garam, dan bawang putih pun bisa didapat dengan mudah dengan harga yang sangat terjangkau.

Jadi untuk memulai bisnis keripik tidak dibutuhkan modal yang besar. Sebagian besar modal diperlukan untuk membeli alat potong serta plastic sealer yang rasanya tidak dimiliki secara umum di dapur rumahan.

2. Keripik Pisang

Meski sama-sama keripik, keripik pisang rasanya patut disebutkan terpisah karena rasanya yang sedikit berbeda dengan keripik lainnya. Jika keripik umumnya dibuat agar memiliki rasa asin dan gurih, keripik pisang bisa juga dibuat menjadi keripik manis. Rasa manis ini bisa didapat melalui bumbu tambahan seperti bubuk susu coklat atau karamel.

3. Sale Pisang

Selain dibuat menjadi keripik, pisang juga bisa diolah menjadi camilan enak berbentuk sale pisang. Sedikit berbeda dengan keripik, rasa manis sale pisang umumnya berasal dari pisang itu sendiri tanpa menggunakan bumbu tambahan.

Sale pisang yang cukup laris biasanya berbentuk sale pisang kering/goreng. Namun kita juga bisa menyediakan varian sale pisang basah sebagai alternatif.

Untuk membuat sale pisang, kita sebenarnya bisa menggunakan hampir semua jenis pisang. Meski begitu ada beberapa jenis pisang yang cocok untuk dijadikan sale seperti pisang raja nangka, pisang tanduk, dan pisang kapas.

4. Makaroni Goreng

Camilan lain yang tidak kalah digemari adalah makaroni goreng. Biasa dibungkus dalam kemasan kecil, makaroni goreng beraneka rasa sangat cocok dikonsumsi di segala suasana.

Bahan utama makanan ringan ini adalah makaroni. Tidak perlu membuatnya sendiri karena kini sudah ada makaroni mentah yang dijual kiloan. Kita hanya perlu menggorengnya saja agar makaroni siap disantap.

Untuk pilihan rasa pun kini sudah ada bumbu jadi. Varian rasanya pun beragam mulai dari rasa pedas, ayam panggang, barbecue, dan masih banyak lagi. Jika ingin membuat makaroni goreng dengan level pedas yang berbeda, kita bisa menyesuaikan banyaknya bumbu pedasnya saja.

5. Mie Lidi

Camilan lain yang tidak jauh berbeda dengan makaroni goreng adalah mie lidi. Meski bentuknya berbeda, rasanya mirip karena dibuat menggunakan bahan yang sama. Bumbu yang digunakan pun tidak jauh berbeda. Makanya mie lidi juga punya penggemar yang tidak kalah banyak dan cocok untuk dijadikan ide usaha kuliner home industri.

6. Jamur Crispy

Olahan jamur crispy juga banyak dijadikan ide usaha kuliner rumahan. Rasa jamur crispy yang diolah kering mirip seperti kerupuk cocok dijadikan camilan atau menjadi menu pendamping nasi.

Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini pun tidak sulit didapat. Selain jamur tiram segar, kita hanya membutuhkan tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, bawang putih, garam, kemiri, serta bumbu tabur beraneka rasa.

7. Peyek

Rempeyek atau peyek adalah jajanan khas yang mudah dijumpai di Indonesia. Tidak cuma berisi kacang tanah, peyek juga sering dibuat menggunakan taburan kacang hijau, rebon, atau ikan teri.

Selain enak dimakan sendiri, camilan renyah ini seringkali disajikan sebagai pendamping nasi pecel, soto, atau rawon. Tidak heran peyek bisa dijumpai dengan mudah di tempat makan dan restoran dengan menu tradisional.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat peyek antara lain tepung beras, santan, kuning telur, daun jeruk dan isian pilihan kita. Setelah itu bumbu rempah seperti bawang putih, kemiri, dan bawang merah ditambahkan untuk memperkaya rasa peyek.

Dengan proses pembuatannya yang mudah, peyek adalah camilan yang bisa dibuat secara home industri.


Usaha kuliner jadi satu ide bisnis yang patut dipertimbangkan mengingat modal yang dibutuhkan kecil sementara keuntungannya bisa cukup besar. Jika dibuat dengan benar, usaha kuliner seperti camilan ringan bahkan bisa dijadikan home industri yang bisa dilakukan siapa saja.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id