-->

[ADS] Top Ads

Beli Emas Digital vs Emas Fisik, Bagus Mana?

PROFIT.web.id - Emas menjadi salah satu jenis investasi yang menjadi primadona bagi semua kalangan. Selain harganya yang relatif stabil, emas juga minim risiko, mudah dicairkan, dan bisa digunakan sebagai jaminan.

Enaknya lagi, kini kita bisa membeli emas dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasi jual beli emas. Cukup daftar seperti biasa, kita sudah bisa melakukan transaksi jual beli emas tanpa perlu pergi kemana-mana.

Meski begitu masih banyak yang ragu dengan sistem jual beli yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Apalagi emas tidak dipegang langsung secara fisik. Makanya masih banyak orang yang memilih untuk melakukan investasi emas secara offline melalui Pegadaian atau Butik Emas Antam.

Nah, buat kamu yang masih bingung antara emas digital vs emas fisik, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan keduanya sebagai bahan pertimbangan.

Emas Digital vs Emas Fisik, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan emas digital vs emas fisik

1. Kemudahan pembelian

Masalah kemudahan pembelian, emas digital tentu menjadi juaranya. Tanpa perlu keluar rumah, kita bisa melakukan transaksi jual beli emas langsung dari hape. Beda kan dengan cara membeli emas fisik di mana umumnya kita harus bertemu langsung untuk mendapatkan emas yag kita beli.

Tidak cuma itu, jumlah pembelian minimumnya pun sangat kecil. Kita bisa membeli emas mulai dari harga ribuan rupiah saja. Hal ini beda dengan pembelian emas fisik yang beratnya sudah ditentukan dan harganya bisa cukup mahal.

2. Kemudahan Penjualan

Sama seperti proses pembeliannya, menjual emas digital juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi jual beli emas. Cukup beberapa langkah saja, emas yang kita simpan bisa langsung terjual saat itu juga.

Saat memiliki emas fisik, kita harus membawa emas ke toko emas untuk dijual. Hal ini tentu lebih menguras waktu, tenaga, dan biaya.

3. Spread Harga

Satu hal krusial dalam melakukan investasi emas adalah melihat harga jual dan harga belinya. Idealnya, semakin kecil perbedaan kedua harganya (spread), semakin baik pula potensi keuntungan yang bisa kita dapat.

Nah, meski kita bisa menjual dan membeli emas digital dengan mudah, umumnya spread harganya masih lebih lebar dibanding emas fisik. Jadi kita tentu harus lebih jeli dalam membeli emas digital karena potensi keuntungannya lebih kecil dibanding emas dalam bentuk fisik.

4. Keaslian Emas

Emas palsu menjadi masalah saat membeli emas secara fisik. Makanya kita dituntut untuk bisa membedakan emas asli dan palsu, terutama jika kita membelinya di outlet tidak resmi selain Pegadaian atau Antam. Hal yang sama mungkin saja ada pada saat membeli emas digital namun peluangnya sangatlah kecil selama kita bisa memilih aplikasi jual beli emas terbaik.

5. Tingkat Keamanan

Meski lebih mudah dilakukan, tingkat keamanan menjadi salah satu faktor penting kenapa masih banyak orang melakukan pembelian emas secara offline. Dengan mengunjungi langsung gerai penjualan emas, kita bisa lebih yakin terhadap tingkat legalitas usaha tersebut.

Hal ini juga diperparah dengan adanya kasus penutupan investasi emas online. Untuk menghindari hal semacam ini, pastikan kita sudah melihat terlebih dulu legalitas usaha serta mengecek apakah layanan yang akan kita gunakan sudah terdaftar di OJK atau belum.

6. Biaya Penyimpanan

Satu masalah saat membeli emas fisik adalah cara menyimpannya. Karena berbentuk fisik, emas semacam ini akan rentan hilang atau dicuri, meski disimpan secara aman di dalam rumah.

Agar lebih aman ada opsi penyimpanan di safe deposit bank. Namun biayanya tidak murah tergantung lama penyimpanan dan jumlah emas yang disimpan.

Saat membeli emas digital, kita tidak perlu repot masalah penyimpanan karena emas berada di tangan yang aman. Risiko kehilangan pun bisa ditekan karena emas baru akan dicetak saat kita membutuhkannya.

7. Biaya Cetak

Satu kekurangan lain dalam berinvestasi emas digital adalah adanya biaya cetak emas. Jika kita ingin mencetak emas yang sudah kita kumpulkan, ada biaya cetak yang harus dikeluarkan tergantung besarnya emas yang akan dicetak. Hal ini berbeda dengan emas fisik yang tidak memiliki biaya cetak seperti ini.


Dengan segala kelebihan dan kekurangan emas, jenis investasi ini patut dipertimbangkan mengingat harganya yang relatif stabil dan tahan inflasi. Apalagi kini memiliki emas bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi smartphone. Dengan harganya yang sangat terjangkau, siapapun bisa mulai investasi emas dengan mudah.

Membeli emas digital sendiri terbukti memiliki banyak kelebihan dibanding membeli emas secara fisik. Meski begitu kita tetap harus berhati-hati agar investasi emas kita tetap aman dan menguntungkan.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id