-->

[ADS] Top Ads

5 Logam Termahal untuk Investasi, Termasuk Emas

logam bernilai tinggi untuk investasi

PROFIT.web.id - Saat bicara logam mulia berharga mahal yang bisa dijadikan investasi, kita pasti teringat emas serta perak. Apalagi keduanya juga seringkali menjadi bahan baku dalam memuat perhiasan mewah.

Hal ini memang tidak salah mengingat langkanya logam tersebut dibanding logam lain pada umumnya. Namun siapa sangka bahwa emas danperak bukanlah satu-satunya logam berharga yang bisa digunakan sebagai alat investasi.

Termasuk keduanya, berikut adalah beberapa logam termahal di dunia yang juga bisa menjadi investasi logam.

1. Rhodium

logam termahal di dunia Rhodium

Logam termahal di dunia yang pertama adalah Rhodium. Berdasarkan data Kitco, per Januari 2021 harga Rhodium mencapai $19.500 per ons.

Tingginya harga Rhodium karena langkanya logam ini, bahkan dibanding emas. Sebagai perbandingan, deposit emas dan platinum masing-masing lebih banyak 4 dan 5 kalinya dibanding Rhodium.

Rhodium sendiri adalah logam berwarna putih keperakan, tahan terhadap korosi dan sangat reflektif. Logam ini banyak dihasilkan di dua negara yaitu Afrika Selatan dan Russia dengan Afrika Selatan menyumbang hingga 60% Rhodium di seluruh dunia.

Penggunaan Rhodium didominasi oleh aplikasi katalis otomotif dimana logam ini sering digunakan bersama dengan platina dan paladium untuk mengontrol emisi gas buang. Selain itu sifatnya yang reflektif membuat logam ini juga banyak dipakai untuk finishing perhiasan, cermin, hingga pembuatan lampu sorot.

Investasi Rhodium sendiri tidak dimulai sebelum tahun 2009. Bahkan hingga kini investasi logam ini juga masih kurang populer di Indonesia. Namun dengan meningkatnya industri otomotif saat ini, rasanya tidak salah untuk ikut berinvestasi Rhodium.

2. Platinum

platinum, logam selain emas yang bisa jadi investasi

Logam termahal yang juga banyak digunakan sebagai investasi adalah Platinum. Berdasarkan data Kitco, per Februari 2021 harganya mencapai $1121 per ons.

Platinum adalah logam berbentuk padat dan lunak namun tidak reaktif dan tidak mudah terkena korosi. Sama seperti Rhodiumm, logam ini banyak berasal dari Afrika Selatan meski ada juga yang ditambang di Rusia, Zimbabwe, Kanada, atau Amerika Serikat.

Nama Platinum sendiri berasal dari bahasa Spanyol 'platino' yang artinya 'perak kecil'. Hal ini berawal dari anggapan orang zaman dahulu yang melihat platinum sebagai imitasi murah dari perak sehingga awalnya banyak digunakan untuk membuat perhiasan palsu. Namun Platinum ternyata jauh lebih berharga dari emas dan kini menjadi salah satu alat investasi yang menguntungkan.

Platinum umumnya digunakan sebagai bahan baku perhiasan dan aksesoris. Meski begitu logam ini juga sering digunakan pada alat kelistrikan, instrumen medis, atau alat labolatorium. Selain itu paduan Platinum dan Kobalt sering digunakan untuk membuat magnet permanen yang kuat.

Sebagai investasi, harga platinum mudah berubah-ubah. Saat tingkat ekonomi stabil dan berkembang, harganya bisa jauh lebih tinggi dari emas. Namun pada kondisi sebaliknya, harganya cenderung turun, bahkan lebih rendah dari harga emas seperti yang terjadi pada masa pandemi seperti ini.

3. Emas

logam mulia emas jadi investasi logam terbaik

Emas rasanya tidak butuh dijelaskan lagi karena logam mulia ini memang sudah dikenal lama sebagai logam berharga dan bernilai tinggi. Berdasarkan data Kitco, harga emas dunia per 2021 mencapai $1815 per ons-nya.

Dibanding logam mulia lainnya, emas memiliki sejarah panjang sebagai logam mulia paling berharga. Selama berabad-abad, emas digunakan sebagai alat tukar di banyak negara dan menjadi simbol kekayaan dan kekuasaan.

Penggunaan emas sendiri kini tidak terbatas pada perhiasan dan emas batangan untuk investasi saja. Dengan berbagai properti yang dikandungnya, emas digunakan di banyak industri mulai dari elektronika, peralatan luar angkasa, alat kesehatan, dan masih banyak lagi.

Sebagai investasi, emas adalah logam mulia yang sering menjadi safe haven untuk menjaga nilai kekayaan. Harganya yanh stabil dan cenderung naik membuatnya menjadi opsi investasi paling populer di antara logam mulia lainnya.

4. Palladium

palladium, investasi logam yang lebih mahal dari emas

Logam mulia bernilai tinggi selanjutnya adalah Palladium. Harga per Februari 2021 menurut Kitco mencapai $2.204 per ons. Tingginya harga Paladium disebabkan jumlahnya yang 30 kali lebih sedikit dibanding emas atau platinum.

Paladium sendiri banyak digunakan di banyak sektor industri mulai dari navigasi, penerbangan, senjata, alat elektronik, hingga teknologi nuklir. Selain itu Paladium juga menjadi saingan Rhodium dalam pembuatan catalytic converters pada mesin diesel yang bisa mengkonversi gas berbahaya menjadi gas yang jauh lebih aman.

Sebagai investasi, Palladium memiliki potensi yang cukup besar. Nilainya selama lima tahun belakangan bahkan terus meningkat karena tingginya permintaan Paladium dari industri mobil yang sedang mengembangkan kendaraan dengan emisi gas yang rendah.

5. Perak

perak, investasi yang bernilai tinggi selain emas

Logam bernilai tinggi yang juga bisa jadi investasi terakhir adalah perak. Tidak seperti logam lain di daftar ini, harga perak termasuk sangat murah, hanya sekitar $27 per ons.

Sama seperti emas, perak juga sudah lama dianggap sebagai barang berharga dan bahkan dijadikan alat tukar resmi di banyak negara.

Kini, perak digunakan di banyak sektor industri mulai dari pembuatan roket, komputer, perhiasan, alat elektronik, fotografi, baterai, hingga peralaatan makan.

Satu hal yang menarik, perak memiliki sifat antimicrobial dan antibacterial yang membuat mikroba dan bakteri tidak bisa berkembang. Karena itulah perak sering digunakan sebagai bahan baku atau pelapis alat-alat medis.

Sebagai investasi, perak memiliki performa yang bagus dan tidak kalah dibanding investasi emas. Harganya pun relatif stabil dan cenderung naik untuk investasi jangka panjang. Selain itu, proses investasi perak pun cukup mudah dan bisa jadi diversifikasi investasi logam mulia yang sama-sama menguntungkan.


Itulah dia beberapa logam berharga bernilai tinggi yang juga bisa jadi investasi. Emas dan perak bisa jadi pilihan pertama yang populer dan mudah dijumpai di Indonesia. Namun tidak ada salahnya melirik logam lainnya seperti platinum, palladium, atau bahkan rhodium meski siap-siap merogoh kocek lebih dalam.

1 komentar

  1. awalnya cmn tau emas dan perak. kemudian muncul platinum, namun katanya harga jual ulangnya jatuh banget.

    BalasHapus

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id