-->

[ADS] Top Ads

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Emas?

PROFIT.web.id - Satu hal yang cukup membingungkan investor emas pemula adalah mencari kapan waktu yang tepat untuk membeli emas.

Meski sebenarnya bisa dibeli kapan saja sepanjang tahun, ada momen-momen di mana investasi emas akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar jika kita melakukan transaksi jual-beli di waktu yang tepat.

Sayangnya hal semacam itu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Namun kita bisa sedikit memprediksinya dengan terlebih dulu mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas itu sendiri.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

waktu yang tepat untuk membeli emas

1. Besaran nilai tukar dolar AS

Faktor utama yang sangat mempengaruhi harga emas adalah besarnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Saat nilai tukar rupiah melemah, maka harga emas cenderung naik, begitu pula sebaliknya.

Untuk mengetahui hal ini, kita harus sering membaca berita seputar ekonomi global yang bisa mempengaruhi pergolakan nilai tukar uang.

2. Ketersediaan stok emas dunia

Emas bukanlah sumber daya alam yang bisa terus diperbarui, karena itulah harga emas bisa cukup mahal mengingat terbatasnya stok emas dunia.

Pertambangan emas pun tidak selalu bisa menambang emas dalam jumlah konsisten karena ada banyak hal yang mempengaruhi ketersediaan emas pada sebuah tempat. Padahal jumlah permintaan emas tahunan jauh lebih tinggi dari total hasil tambang yang tersedia.

Jadi jika penambang sulit mendapatkan emas, harga emas umumnya naik sesuai hukum supply & demand.

3. Permintaan tinggi dari sektor industri

Berdasarkan statistik, emas banyak digunakan pada industri perhiasan, sektor investasi, bank sentral, dan industri teknologi. Di antara semua sektor tersebut, hampir setengah permintaan emas dilakukan oleh industri perhiasan.

Saat permintaan akan perhiasan meningkat, maka emas yang dibutuhkan pun akan semakin banyak. Pada akhirnya hal ini malah bisa membuat harga emas ikut-ikutan naik.

Itulah sebabnya, para konsultan finansial lebih menganjurkan investor untuk berinvestasi pada emas batangan dibanding emas perhiasan.

4. Monopoli pembelian emas oleh bank sentral dunia

Emas adalah aset penting yang dimiliki oleh hampir semua bank sentral di seluruh dunia. Lukuiditasnya yang tinggi dan nilainya yang stabil membuat cadangan emas menjadi penjaga kestabilan ekonomi sebuah negara.

Untuk mengamankan cadangan emas mereka, tidak jarang bank sentral melakukan monopoli pembelian emas. Akibatnya, harga emas menjadi lebih tinggi karena langkanya emas.

5. Krisis Global dan Isu geopolitik

Isu geopolitik memiliki dampak langsung terhadap harga emas di pasaran. Bila terjadi isu geopolitik antara dua negara atau lebih, para investor umumnya merespons dengan membeli emas secara besar-besaran.

Selain itu harga emas juga bisa dipengaruhi krisis global di mana orang-orang lebih memilih untuk memiliki uang cash dibanding menyimpannya dalam bentuk emas.

6. Suku bunga

Emas memang tidak terpengaruh secara langsung oleh bunga bank, seperti obligasi atau rekening tabungan. Tapi naiknya harga emas seringkali membuat suku bunga menurun. Justru ketika suku bunga meningkat, maka harga emas bisa turun.

Lalu Kapan Waktu Terbaik untuk Membeli Emas?

Cara paling mudah untuk mengetahui harga emas terbaik adalah dengan memantau pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS. Ketika rupiah melemah, maka harga emas cenderung naik, sebaliknya ketika rupiah menguat, maka harga emas cenderung turun.

Selain cara tersebut, kita juga bisa melihat trend harga emas setiap tahunnya. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat histori harga emas melalui Pegadaian atau aplikasi jual beli emas terpercaya lainnya.

Periode April hingga pertengahan Juni biasanya menjadi waktu di mana harga emas cenderung lebih murah. Hal ini membuat permintaan dari investor emas pun meningkat.

Namun pada jangka waktu November hingga Desember, harga emas cenderung tinggi dan menjadi waktu yang pas untuk melepas emas.

Meski begitu hal ini bukanlah sebuah pakem karena terkadang ada saja anomali saat berinvestasi emas. Satu hal yang pasti, tidak perlu terburu-buru menjual emas saat harganya sedang turun karena harganya pasti akan meningkat terus setiap tahunnya.

 

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id