-->

[ADS] Top Ads

9 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah

aplikasi kasir terbaik untuk usaha kecil dan menengah (UMKM)

PROFIT.web.id - Pesatnya perkembangan teknologi kini memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya secara optimal. Salah satunya adalah kehadian aplikasi kasir yang bisa membantu menjalankan tugas kasir dan membuatnya transparan.

Tidak hanya bisa dipakai untuk mencatat transaksi harian, aplikasi kasir juga memiliki fitur lain yang tidak kalah berguna. Sebagai contoh, beberapa aplikasi kasir POS Online juga menyediakan fitur untuk mengelola stok barang, mengatur karyawan, hingga menyediakan layanan pembayaran dengan dompet virtual.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, kini ada banyak aplikasi kasir yang bisa dipakai hanya berbekal smartphone saja.

Jika butuh rekomendasi, beberapa aplikasi kasir terbaik ini bisa digunakan pada smartphone Android dan iOS secara gratis. Cocok untuk usaha kecil dan menengah yang butuh solusi yang murah meriah.

Rekomendasi Aplikasi Kasir POS Online Terbaik

1. POS Qasir: Aplikasi kasir online untuk UMKM

aplikasi kasir pos online Qasir

Aplikasi kasir untuk Android pertama yang bisa dicoba adalah Qasir. Sistemnya yang sederhana membuat aplikasi ini cocok untuk membantu berbagai jenis usaha, baik pengadaan barang maupun jasa.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Solusi Tekno Niaga ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Pelaku usaha juga bisa menggunakan aplikasi ini pada beragam gadget mulai dari ponsel Android, iOS, atau melalui perangkat lain yang bisa mengakses website.

Melalui aplikasi ini, pengusaha dapat mengakses banyak fitur yang dapat membantu mengembangkan usaha seperti,

  • Mencatat semua transaksi, baik secara tunai maupun digital.
  • Mengelola pegawai, seperti menambahkan, mengedit, menghapus, serta mengatur hak akses pegawai.
  • Mengelola outlet, seperti menambah, mengedit, menghapus, atau mengatur karyawan pada setiap outlet.
  • Memberi support untuk pembayaran via QRIS agar outlet dapat menerima semua pembayaran digital modern melalui scan barcode saja.
  • Membantu memantau kondisi usaha dengan laporan transaksi penjualan yang dapat diakses secara real-time dari mana saja dan kapan saja.
  • Dapat disambungkan dengan printer dan barcode scanner untuk mencetak struk dan mempermudah aktivitas usaha.

2. Moka POS - Aplikasi Kasir Online

aplikasi kasir untuk bisnis kecil dan UMKM

Aplikasi kasir selanjutnya adalah Moka POS yang dikembangkan oleh PT. Moka Teknologi Indonesia. Dengan aplikasi ini, pelaku usaha bisa mengatur point of sale dan mendata serta menganalisa kondisi keuangan usaha.

Dengan aplikasi ini, kita bisa menggunakan beragam fitur yang bisa dipakai untuk mengembangkan usaha seperti Back office, yang memungkinkan pemilik usaha untuk mengetahui semua transaksi dari kasir secara bersamaan. Data pun bisa didapat secara real-time, baik yang berupa transaksi tunai maupun online.

Selain itu aplikasi kasir POS online ini juga menyediakan beragam layanan pembayaran digital mulai adri OVO, GOPAY, DANA, LinkAja, hingga layanan pembayaran kredit seperti Kredivo. Setiap pembayaran pun sudah memiliki fitur invoice yang bisa disimpan secara digital atau dicetak dalam bentuk struk.

Jika tertarik, layanan ini bisa dipakai secara gratis selama 14 hari. Jika cocok, harga berlangganan mulai Rp249K yang bisa ditagih bulanan atau tahunan.

3. Aplikasi Kasir Pintar Free - Point of Sale & PPOB

KasirPintar adalah aplikasi yang bisa menggantikan peran mesin kasir tradisional dan cocok untuk segala jenis usaha mulai dari fast food, butik, salon, bengkel, toko pulsa, warung kopi, atau toko online.

Aplikasi ini menyediakan dua versi, KasirPintar Free dan KasirPintar Pro.

KasirPintar Free bisa dipakai gratis selamanya dan hadir dengan cukup banyak fitur seperti menyimpan data stok, membuat barcode harga barang, membuat laporan keuntungan, mencetak struk, memonitor transaksi harian, hingga mensinkronisasi data ke cloud.

Pada versi Pro terdapat lebih banyak fitur seperti mengatur hak akses karyawan, laporan pajak, mengirim tagihan via WhatsApp, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Aplikasi Kasir dan Wirausaha - Majoo

aplikasi untuk mencatat transaksi harian usaha kecil majoo

Aplikasi POS terbaik lain yang bisa jadi pertimbangan adalah Majoo. Majoo sendiri memiliki beragam aplikasi pendukung bisnis seperti aplikasi akutansi, karyawan, inventori, order online, hingga kasir online.

Majoo akan mempermudah jenis usaha jasa (laundry, reparasi, rental, spa, dll) karena kemampuannya untuk mencatat alur proses dari saat proses dimulai/barang diterima, perkiraan waktu selesai sampai status proses terakhir.

Aplikasi kasir Majoo dilengkapi fungsi printing struk order, pembayaran, serta printer dapur/bar. Fungsi cashdrawer bisa digunakan sebagai buka tutup penyimpanan kas kasir. Selain itu ada juga barcode scanner kamera maupun bluetooth yang bisa membaca kode sku barang atau label harga secara otomatis.

Satu hal yang menarik, Majoo bisa digunakan saat offline. Dengan begiti data akan tersimpan di aplikasi dan tidak mengganggu proses transaksi. Saat kembali online, data transaksi yang disimpan akan dikirimkan ke sistem sebagai laporan penjualan.

5. BukuWarung: Catat Keuangan Usaha Harian UMKM

BukuWarung adalah aplikasi catatan keuangan harian dan pembukuan usaha UMKM untuk mencatat keuntungan penjualan transaksi bisnis. Dengan aplikasi ini, pemilik usaha tidak perlu lagi membuat catata keuangan secara manual menggunakan kertas dan pena.

Dengan cara penggunaan yang mudah, aplikasi BukuWarung akan cocok untuk beragam jenis usaha mulai dari warung makan, konter pulsa, tempat kursus, kost, rental mobil, toko online, atau agen wisata.

Selain mencatat transaksi harian dan membuat laporan keuangan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencatat hutang dan piutang, menariknya, bukuWarung bisa mengirim pengingat pembayaran melalui SMS atau WhatsApp kepada pelanggan secara otomatis.

6. Pawoon: Kasir / POS Online

aplikasi kasir gratis bahasa indonesia pawoon

Pawoon adalah aplikasi kasir buatan lokal yang juga bisa digunakan untuk mengembangkan beragam UMKM. Dengan versi gratisnya, siapapun bisa membuat laporan keuangan serta menyediakan beragam pilihan pembayaran seperti tunai, kartu, dan pembayaran digital.

Satu hal yang menarik, Pawoon juga menyediakan layanan PPOB agar pengguna juga bisa menambahkan jualan pulsa dan paket data melalui usaha mereka.

Jika ingin menambahkan fitur lain seperti catatan transaksi yang tidak terbatas, penanganan multi outlet, manajemen inventori, atau manajemen pegawai, pemilik usaha dapat mengupgrade ke salah satu paket Pawoon mulai dari Rp299K.

7. BukuKas - Pembukuan Keuangan UMKM, Aplikasi Kasir

BukuKas merupakan aplikasi catatan keuangan usaha UMKM sekaligus aplikasi kasir pintar yang digunakan oleh lebih dari 3 juta pemilik usaha UMKM & warung di 750 kota di Indonesia.

Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat catatan transaksi penjualan dan pengeluaran, hutang piutang, cetak struk dan mengirim invoice, serta menjadikannya aplikasi stok barang untuk mengelola aset gudang.

BukuKas juga bisa dilakukan untuk membuat pembukuan terpisah jika kita mengelola keuangan untuk beberapa usaha yang berbeda. Menariknya, kita juga bisa mempromosikan bisnis dengan lebih mudah menggunakan kartu nama digital dari BukuKas.

8. Ameera Kasir Online

aplikasi kasir terbaik di android ameera

Ameera Kasir Online adalah aplikasi buatan Duta Data Teknologi yang dapat mempermudah pelaku bisnis dalam mengatur transaksi jual beli, manajemen inventory, hingga membuat laporan usaha secara otomatis.

Ameera Kasir Online sangat cocok untuk berbagai jenis UMKM di industri F&B seperti restoran, coffee shop, toko kelontong, industri pengolahan, hingga penyedia jasa seperti salon, percetakan, atau barbershop.

Bagi pemilk usaha yang memiliki beberapa outlet atau cabang bisnis, APK Ameera bisa digunakan untuk mengontrol dan memantau seluruh toko melalui satu aplikasi saja. Selain itu aplikasi ini juga dapat memberikan laporan bisnis yang lengkap dan mudah dimengerti.

Aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari sepuluh ribu pengguna ini bisa digunakan gratis selama 14 hari. Selanjutnya akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp150K per bulan.

9. Stroberi Kasir

Terakhir ada Stoberi Kasir, aplikasi POS yang dikembangkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Dengan aplikasi ini, pelaku bisnis dapat melakukan pencatatan transaksi, pengelolaan persediaan dan mendukung tata kelola dan administrasi usaha dengan mudah dan gratis.

Aplikasi Stroberi Kasir memiliki fitur yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Untuk mulai menggunakannya, kita hanya perlu melakukan pendaftaran dengan nama dan nomor telepon saja.

Meski gratis, aplikasi Stroberi Kasir memiliki fitur yang lebih dari cukup untuk membantu mengembangkan bisnis kecil, seperti,

  • Kasir untuk membantu mengelola dan proses transaksi.
  • Menambahkan, menghapus, mengedit, dan menentukan kategori produk
  • Menyediakan laporan transaksi harian, pemasukan, pengeluaran, stok, laporan laba/rugi, serta laporan arus kas keluar masuk

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa bergabung dalam program pemberdayaan UMKM secara terpadu. Melalui program ini kita bisa mendapatkan informasi seputar bisnis, mengikuti pelatihan, bersosialisai dengan penggiat UMKM lainnya, serta mendapatkan pendampingan usaha.

1 komentar

  1. jaman sekarang emang makin canggih ya, apa2 jadi lebih praktis dan mudah.
    aku cukup tertarik pake aplikasi qasir

    BalasHapus

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id