-->

[ADS] Top Ads

10+ Aplikasi Pengelola Keuangan Rumah Tangga Terbaik

aplikasi pengelola keuangan pribadi terbaik untuk mencatat pengeluaran rumah tangga


PROFIT.web.id - banyaknya aplikasi pengelolaan keuangan kini membuat siapa saja bisa mencatat dan me-manage keuangannya sendiri dengan mudah. Mulai dari mencatat pengeluaran harian hingga membuat budget bulanan, semua bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan modal smartphone saja.

Hal ini tentu akan sangat membantu karena kini kita tidak perlu lagi memakai cara manual menggunakan kertas dan pena. Laporan keuangan yang dihasilkan pun sangat mudah dibaca dan mudah dimengerti siapa saja.

Nah, bagi yang sedang mencari aplikasi pengelola keuangan terbaik, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran rumah tangga hingga mengelola keuangan bisnis kecil.

Aplikasi Keuangan Pribadi Terbaik untuk Mencatat Pengeluaran Rumah Tangga

1. DompetKu - Catatan Keuangan & Hutang

aplikasi keuangan untuk mencatat pengeluaran pribadi

Aplikasi pengelolaan keuangan pribadi terbaik di Android pertama adalah DompetKu. Tidak hanya gratis, ukurannya pun sangat kecil, kurang dari 10MB, sehingga ringan untuk ponsel lama sekalipun.

DompetKu dibuat oleh developer lokal, jadi kita tidak perlu melakukan penyesuaian dan bisa langsung dipakai setelah terpasang. Dengan rating rata-rata 4.9, DompetKu menjadi salah satu aplikasi keuangan terbaik yang bisa didapat di Google Play Store.

Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat catatan pemasukan, pengeluaran, hutang, serta pinjaman. Pos pemasukan dan pengeluaran pun dapat dikelompokan pada kategori tertentu agar bisa dipantau dengan mudah. Selain itu terdapat pula grafik laporan keuangan yang simpel dan menarik serta mudah dibaca oleh siapa saja.

2. Wallet: Personal Finance, Budget & Expense Tracker

wallet jadi aplikasi keuangan populer yang memiliki rating tinggi

Aplikasi keuangan selanjutnya adalah Wallet dari BudgetBakers.com. Dengan aplikasi ini kita bisa mengatur keuangan pribadi, membuat budgeting, serta mencatat pengeluaran rumah tangga dengan mudah. Kita pun bisa mendapatkan laporan keuangan yang mudah dibaca agar dan sangat membantu dalam membuat budget untuk pengeluaran bulanan.

Budgeting sendiri merupakan fitur yang sangat berguna untuk membantu mengontrol pengeluaran dan menghemat uang. Jadi, apapun tujuan dan impian kita bisa lebih mudah tercapai dengan budgeting yang baik.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah adalah fitur planned payments. Dengan begitu kita tidak akan lagi melewatkan tagihan bulanan dan mengintegrasikannya pada laporan keuangan agar kita bisa mengetahui dampaknya pada cash flow kita.

Selain itu kita juga bisa sharing akun bersama istri/suami, keluarga, atau teman serta mengakses aplikasi dari Android, iPhone, atau via Web.

3. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Money Manager Expense & Budget adalah aplikasi personal finance buatan Realbyte. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi keuangan terbaik dengan 10 juta lebih instalasi aktif dan rating rata-rata 4.7.

Aplikasi ini sendiri memiliki dua versi, free dan berbayar. Pada versi gratisnya, kamu hanya bisa membuat total 10 aset dan hanya bisa dipakai di hp saja. Selain itu ada tampilan iklan meski secara pribadi tidak terlalu mengganggu. Dengan fitur yang relatif sama, aplikasi ini cocok untuk penggunaan pribadi seperti mengatur keuangan rumah tangga.

Sama seperti aplikasi keuangan pribadi pada umumnya, di aplikasi ini kita bisa membuat pos penghasilan dan pengeluaran dengan mudah. Selain itu kita bisa menganalisa keduanya melalui grafik intuitif yang mereka sediakan.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini memiliki bookmark function yang bisa digunakan untuk mempercepat proses input pada beberapa pengeluaran rutin yang sering kita lakukan.

4. 1Money – Expense Tracker, Money Manager, Budget

1money, aplikasi keuangan yang ringan dan tidak berat saat dibuka

Aplikasi keuangan selanjutnya adalah 1Money buatan developer PixelRush yang berlokasi di Rusia. Selain memiliki rating yang sangat baik, ukurannya juga ringan meski hanya bisa dipakai di ponsel Android saja.

Dibandingkan aplikasi lainnya, fitur pada 1Money tergolong simpel. Di sini kamu bisa menambahkan record baru dengan mudah, melihat data pengeluaran, mengatur budget, serta melacak hutang dan tabungan.

Jika ingin menambahkan fitur sinkronisasi di beberapa perangkat berbeda, kita bisa membeli paket premium dengan harga terjangkau.

Dengan fitur yang tidak rumit, aplikasi ini akan sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mengatur keuangan agar lebih efisien. Tampilannya yang berwarna-warni pun akan memudahkan kita untuk melihat pos pengeluaran dengan cepat.

5. AndroMoney

aplikasi keuangan untuk mencatat pengeluaran Andro Money

AndroMoney jadi salah satu aplikasi pengelola keuangan terbaik yang memiliki segudang fitur yang bisa membantu kita mencatat pengeluaran harian atau bulanan dan mengatur keuangan pribadi.

Selain memiliki fitur-fitur dasar seperti aplikasi keuangan lainnya, AndroMoney memiiki fitur tambahan yang tidak kalah menarik. Sebagai contoh, data dari aplikasi ini bisa disimpan dan dicadangkan pada aplikasi cloud storage seperti Dropbox atau Google Clouds. Kita pun bisa mensinkronkan data dengan perangkat lainnya.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menambahkan password untuk menjaga keamanan data serta membuat file backup yang bisa dibuka di Excel atau Mac Numbers.

Enaknya lagi, semua fitur pada AndroMoney bisa digunakan secara gratis meski akan memunculkan ads. Jika kamu ingin layanan yang bebas iklan, ada AndroMoney Pro yang memiliki fitur yang sama namun tanpa tampilan iklan.

6. Monny

aplikasi keuangan monny

Monny adalah aplikasi keuangan buatan Greamer yang simpel dan sangat mudah digunakan. Untuk mencatat pengeluaran harian atau bulanan, kita hanya perlu memasukan nominal dan memilih kategori yang bisa kita atur sendiri.

Data-data pengeluaran pun nantinya bisa disajikan dalam bentuk laporan agar kita bisa melihat pos pengeluaran yang banyak menguras kantong kita.

Melalui aplikasi ini, kita bisa membuat beberapa buku sekaligus. Hal ini akan sangat memudahkan kita untuk mengatur pos pengeluaran seperti saat sedang traveling atau hal lainnya. Data-data pengeluaran pun dapat disimpan dalam bentuk file Excel atau dikirim melalui email.

7. Sepran

sepran, aplikasi catatan keuangan harian buatan developer lokal indonesia

Sepran adalah aplikasi keuangan yang dibuat dan dikembangkan oleh developer software asal Yogyakarta, JMC. Kemudahan pemakaian membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi keuangan pribadi terbaik dengan rating rata-rata 4.7.

Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat catatan pengeluaran harian dengan mudah hanya dengan memasukan nominalnya saja. Kita pun bisa melakukan analisa sederhana melalui laporan kustom yang bisa dibuat berdasarkan tanggal pemasukan.

Enaknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara offline. Data pun dijamin aman dengan adanya fitur PIN dan fingerprint untuk membuka akses APK. Dan yang tidak kalah penting, data di aplikasi Sepran bisa dibackup melalui Google Drive agar lebih mudah dipindahkan saat kita menggunakan hp baru.

8. Money Lover: Expense Manager & Budget Tracker

money lover, aplikasi keuangan rumah tangga dengan fitur budgeting

Money Lover adalah aplikasi keuangan pribadi yang sudah ada sejak lama dan memiliki reputasi bagus. Aplikasi ini bahkan masuk dalam kategori aplikasi Android terbaik di tahun 2017 dan selalu masuk dalam kategori Editors' Choice App sejak tahun 2016.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Money Lover memungkinkan siapa saja untuk mengatur keuangannya dengan mudah dan mencatat pengeluaran bulanan.

Satu kelebihan aplikasi ini adalah fitur budgeting yang bisa memberi notifikasi saat uang yang kita keluarkan untuk pos tertentu sudah mendekati limit. Dengna begitu, kita bisa mengurangi pengeluaran bulanan dan mencegah overspending. Menariknya lagi, fitur forecast budget bisa membantu kita untuk memprediksi total pengeluaran berdasarkan hostory penggunaan aplikasi.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah fitur tagging yang bisa membantu kita memberi tag pada sebuah transaksi agar bisa ditemukan dengan mudah di saat kita membutuhkannya.

9. Monefy – Budget Manager and Expense Tracker app

aplikasi keuangan pribadi monefy

Monefy jadi aplikasi keuangan pribadi lainnya yang patut dipertimbangkan. Dengan rating rata-rata 4.5, aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak berat saat dibuka. Desainnya yang sederhana namun tetap kaya fitur juga membuat aplikasi ini mudah digunakan siapa saja.

Selain fitur basic seperti mencatat pengeluaran, kita juga bisa melihat laporan keuangan berbentuk chart yang memudahkan kita melihat pos pengeluaran terbesar. Monefy juga menyediakan dark mode untuk menghemat baterai dan memudahkan kita untuk membuka aplikasi ini dimalam hari. Fitur sinkronisasinya juga bisa dimanfaatkan untuk membackup data yang akan sangat membantu saat hp hilang atau saat kita menukar hp.

10. Google Sheet

Membuat catatan keuangan di Excel seringkali menjadi pilihan bagi yang mengerti bagaimana cara membuatnya. Dengan tingkat flexibilitasnya yang tinggi, file Excel bisa sama powerfulnya dengan aplikasi keuangan pribadi lainnya di daftar ini.

Dengan sheet dari MS Excel, kita bisa membuat daftar pengeluaran, pemasukan, dan mengkelompokannya pada kategori khusus. Kita pun bisa membuat shet khusus untuk membuat laporan dari tabel pengeluaran agar kita bisa melihat pos yang paling boros.

Enaknya lagi, kini file Excel juga bisa dengan mudah dibuka melalui aplikasi smartphone, salah satunya adalah Google Sheets. Tidak hanya bisa membuka file Excel bawaan Windows, penyimpanannya yang berada di cloud juga memastikan kita untuk bisa mengakses file tersebut dan mendapatkan data yang sama pada setiap perangkat yang kita gunakan.

11. BukuKas

Terakhir ada BukuKas yang tidak hanya bisa digunakan sebagai aplikasi catatan keuangan harian dan hutang piutang, tapi sekaligus jadi aplikasi kasir POS online. Jadi tidak hanya bisa mencatat pengeluaran saja, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mencetak invoice, membuat laporan keuangan, mencatat data pembeli dan supllier, serta membuat kartu nama digital. Cocok untuk yang ingin mencatat keuangan pribadi maupun usaha kecil yang dijalankan dari rumah.


Nah, itu di beberapa aplikasi keuangan pribadi yang bisa membantu mencatat pengeluaran rumah tangga. Melalui aplikasi Android dan iOS ini, siapa saja bisa mengatur keuangannya dengan lebih baik serta membuat budgeting agar uang yang didapat bisa dipakai lebih efektif.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id