-->

[ADS] Top Ads

9 Aplikasi Belanja Online yang Bisa Bayar COD

PROFIT.web.id - Sistem pembayaran COD (cash on delivery) kini menjadi salah satu opsi yang banyak ditawarkan oleh situs jual beli online. Dengan cara pembayaran ini, konsumen bisa membayar setelah barang sampai ke tangan mereka.

Salah satu kelebihan sistem pembayaran COD adalah kemudahan yang didapat oleh pembeli. Membayar di tempat bisa jadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank atau tidak memiliki kartu kredit. Selain itu hal ini lebih praktis bagi pembeli yang lebih senang memegang uang cash.

aplikasi belanja online yang bisa bayar COD (cash on delivery)

Bagi seller sendiri, COD menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dan jika khawatir dengan beberapa kasus COD belakangan ini, perlu diketahui bahwa tingkat retur barang COD di hampir seluruh situs jual beli online di Indonesia hanya kurang dari 3% saja.

Nah, bagi pembeli dan penjual yang ingin mencoba sistem pembayaran COD bisa coba membeli atau menjual barang mereka pada aplikasi belanja online yang bisa bayar COD berikut ini.

1. Shopee

Shopee jadi salah satu online marketplace terpopuler di Indonesia. Untuk memanjakan pelanggannya, Shopee menyediakan layanan pembayaran dengan COD tanpa tambahan ongkir dan dilengkapi banyak promo menarik.

Pembayaran dengan sistem COD bisa dilakukan dengan pembelian maksimal hingga Rp3 juta pada seller yang sudah mengaktifkan pembayaran COD di toko mereka. Pengiriman barang nantinya akan dilakukan menggunakan kurir dari J&T Express, Shopee Express dan JNE (Pengiriman dari luar negeri), dan ID Express.

Penjual sendiri tidak perlu khawatir untuk menggunakan fitur COD karena pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2x dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD. Biaya retur pun akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak Shopee.

Biaya COD sendiri akan sepenuhnya ditanggung oleh Shopee hingga pembelian ke-6. Untuk pembelian dengan sistem COD ke-7 dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.

2. Tokopedia

metode bayar di tempat (COD) dari tokopedia

Selain Shopee, aplikasi belanja online lain yang juga sangat populer di Indonesia adalah Tokopedia. Tidak tanggung-tanggung, Tokopedia termasuk salah satu unicorn tanah air dengan valuasi hingga 7 miliar dolar per 2021.

Tokopedia sendiri kini juga menyediakan sistem pembayaran COD kecuali untuk kategori makanan, minuman, dan barang lain yang sedang tidak mengikuti promo flash sale Tokopedia. Jumlah pembelian maksimal yang berhak menggunakan sistem COD adalah Rp2,5 juta per transaksi.

Untuk setiap satu akun, pembeli bisa menggunakan fitur COD maksimal 5 kali dalam 1 minggu dengan penggunaan maksimal hingga 2 kali dalam satu hari. Khusus pengguna baru tidak akan dikenakan biaya tambahan hingga 3 kali transaksi COD. Namun untuk transaksi ke-4 dan selanjutnya akan dikenakan biaya sebesar 2% dari total belanja.

Bagi penjual juga ada sistem perlindungan tersendiri di mana pembeli yang membatalkan transaksi atau tidak ada di tempat sebanyak dua kali akan dikenakan sanksi berupa penonaktifan pilihan metode COD. Ongkir balik pun akan ditanggung sepenuhnya oleh Tokopedia.

3. Lazada

Lazada adalah salah satu online marketplace terbesar, tidak hanya di Indonesia, namun juga di banyak negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Fiipina, Thailand, dan Vietnam.

Sama seperti dua aplikasi belanja online sebelumnya, lazada juga menyediakan fitur pembayaran di tempat (COD) untuk mengakomodir para pelanggan mereka.

Tidak ada syarat tertentu untuk menggunakan fitur COD ini. Semua penjual bisa menambahkan metode pembayaran ini selama mereka beroperasi pada wilayah yang sudah mendukung layanan tersebut. Tidak hanya itu, pihak Lazada bahkan akan secara aktif mengaktifkan fitur ini pada setiap seller yang memenuhi syarat.

Untuk mendapatkan pilihan pembayaran COD, pembeli hanya bisa membeli barang dengan maksimal harga Rp 5 juta. Pengiriman barang nantinya akan dilakukan menggunakan jaringan pengiriman Lazada, Ninja Van, SiCepat, dan JNE Cashless.

4. Blibli

Blibli adalah e-commerce asli buatan Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2011 dan fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Dengan konsep yang mirip dengan mal online, Blibli menyediakan beragam produk pilihan dari ratusan ribu mitra yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Blibli juga menyediakan aplikasi belanja online yang bisa bayar COD. Sayangnya metode pembayaran ini hanya berlaku untuk produk yang bertanda 'Dikirimkan oleh Blibli' dan seller pilihan saja.

Untuk menggunakan cara pembayaran ini, pelanggan minimal membeli barang dengan nominal Rp10 ribu dan maksimal Rp3 juta. Pembayaran dengan metode COD akan dikenakan biaya langganan sebesar 2% dari total transaksi.

Tidak melulu cash, pembayaran di tempat bisa dilakukan dengan kartu kredit jika pengiriman dilayani oleh BES (Blibli Express Service). Namun jika pengiriman dilakukan oleh partner logistik JNE COD, maka pembayaran hanya bisa dilakukan dengan uang tunai.

5. JD.ID

Aplikasi belanja online yang bisa bayar COD selanjutnya adalah JD.ID. Bila sebelumnya mereka fokus pada produk gadget dan elektronik, kini pilihan mereka jauh lebih beragam dan tidak kalah lengkap dibanding online marketplace lainnya. Satu hal yang membuat mereka berbeda dengan situs e-commerce lainnya adalah tagline mereka yang menjamin keaslian barang yang dijual melalui JD.ID.

Untuk memudahkan transaksi dan proses pembayaran, kini JD.ID juga ikut menambahkan metode pembayaran cash on delivery (COD) melalui kurir mereka. Metode pembayaran ini dapat dilakukan untuk transaksi maksimal Rp100 juta atau Rp200 juta jika menggunakan kartu debit/kredit.

Meski begitu metode pembayaran COD tidak dapat digunakan untuk membei beberapa produk seperti kendaraan bermotor, beberapa produk digital, atau barang yang memiliki ketentuan khusus karena promo. Selain itu metode pembayaran ini hanya tersedia pada beberapa lokasi tertentu saja, seperti di kota-kota besar di indonesia.

6. Bukalapak

aplikasi e-commerce bukalapak menyediakan opsi COD di aplikasi jual beli online

Aplikasi e-commerce lain yang menyediakan layanan COD adalah Bukalapak. Dengan sistem transaksi cash on delivery, pembeli dapat melakukan pembayaran tunai secara langsung kepada kurir ketika pesanan diterima.

Di Bukalapak, metode pembayaran COD bisa dilakukan mulai dari belanja Rp30.000 hingga Rp2.000.000. Meski begitu cara pembayaran ini tidak berlakuk untuk pembeli dropshipper dan dtidak bisa digabung dengan jenis pembayaran lainnya.

Saat pembelian dengan cara COD, terdapat biaya admin sebesar 1,1% dari harga barang dengan biaya minimum sebesar Rp2.000. Selain itu pembeli diwajibkan untuk menggunakan asuransi pengiriman yang besarnya 0,45% dari nilai harga barang.

Untuk pengiriman, Bukalapak bekerja sama dengan SiCepat REG. Jadi area yang bisa melakukan COD hanyalah area yang di-cover oleh jasa pengiriman tersebut saja.

7. Zalora

Zalora merupakan online marketplace yang fokus melayani belanja fashion online. Dengan ratusan ribu pilihan produk dari brand lokal dan internasional, tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan fashion online kamu di situs ini.

Tidak kalah dengan aplikasi belanja online lainnya, Zalora kini juga menyediakan sistem pembayran COD dengan maksimal pembelian hingga Rp2 juta. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan OVO, GO-PAY, DANA dan LinkAja. Proses pengiriman barangnya sendiri dilakukan melalui kurir JNE.

Sayangnya tidak semua merek menyediakan sistem pembayaran ini. sampai saat ini hanya produk Pomelo dan H&M saja yang tidak bisa menggunakan metode pembayaran di tempat melalui Zalora.

8. BerryBenka & Hijabenka

Selain Zalora, toko online lain yang juga fokus melayani produk fashion adalah BerryBenka. Melalui aplikasi ini, siapa saja bisa beragam baju, tas, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi. Mereka bahkan menyediakan produk fashion khusus muslim dan muslimah melalui aplikasi sejenis bernama Hijabenka.

Baik BerryBenka maupun Hijabenka menyediakan layanan COD yang bisa membantu pelanggan untuk membayar pesanan mereka di rumah. Pembayaran dilakukan secara tunai dengan pembelian maksimum Rp1 juta.

Untuk pengiriman barang akan dilakukan melalui jasa Ninja Van bila pembeli berada di wilayah Jabodetabek. Untuk di luar daerah tersebut, pengiriman dilakukan menggunakan JX dan J&T.

9. Bhinneka

Aplikasi belanja online yang bisa bayar COD terakhir adalah Bhinneka. Bhinneka sendiri menjadi salah satu online marketplace tertua di Indonesia. Meski awalnya mereka hanya fokus pada produk yang berhubungan dengan IT seperti komputer dan laptop, kini mereka melengkapi etalase mereka dengan beragam produk mulai dari gadget, produk kantor, produk kesehatan, perlengkapan keamanan, dan masih banyak lagi.

Untuk melengkapi online store mereka, Bhinneka kini juga menyediakan metode pembayaran COD yang bisa dilakukan melalui kurir Armada Bhinneka. Pembayaran COD dapat dilakukan secaa tunai atau menggunakan kartu debit Mandiri dan BCA serta kartu kredir berlambang MasterCard/Visa.

Pembelian secara COD hanya berlaku untuk pemesanan via via telp (021) 2929-2828 dan online chat. Sayangnya untuk saat ini metode pembayaran COD Bhinneka hanya tersedia di wilayah Jabodetabek saja


Itu dia beberapa aplikasi belanja online yang bisa bayar COD. Selain memberi opsi tambahan yang memudahkan pembeli untuk membayar tagihan mereka, cara ini juga bisa membantu penjual untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dan meningkatkan reputasi mereka di mata pembeli.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id