-->

[ADS] Top Ads

20 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

PROFIT.web.id - Karyawan mendapatkan penghasilan berupa gaji yang dibayarkan mingguan atau bulanan. Meski jumlahnya tetap dan pembayarannya pun pasti, seringkali gaji tersebut belum mempu menutupi pengeluaran yang selalu saja meningkat.

Selain dengan berhemat dan berinvestasi dengan cermat, salah satu cara untuk menyiasati hal ini adalah dengan mengalokasikan sebagian penghasilan untuk memulai usaha. Dengan begitu uang tidak akan mengendap dalam tabungan namun bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang.

Membuka usaha sendiri tidak perlu mengorbankan status sebagai karyawan. Kini ada banyak peluang usaha sampingan untuk karyawan yang bahkan bisa dilakukan di waktu senggang.

Nah, bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan, berikut adalah beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan oleh karyawan.

peluang usaha sampingan untuk karyawan

1. Jualan Online

Di saat serba canggih seperti sekarang, banyak orang lebih memilih untuk belanja barang secara online melalui aplikasi jual beli. Selain mudah, pembeli bisa mendapatkan lebih banyak variasi barang dan harga yang relatif murah dibanding yang ada di pasaran.

Hal ini tentunya menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin mencoba bisnis online. Selama ada barang yang bisa dijual, karyawan pun dapat memasarkannya secara online tanpa perlu memiliki kios dan menjaganya setiap saat. Bahkan tanpa memiliki barang pun seorang karyawan dapat memulai bisnis online dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Platform yang tersedia untuk bisnis online pun sangat beragam. Siapa saja bisa mulai jualan online menggunakan media sosial, e-commerce, atau bahkan membuat toko online sendiri.

2. Pulsa dan Kuota Internet

Kebutuhan akan pulsa dan kuota internet rasanya tidak akan turun dalam waktu dekat. Tingginya pemakaian internet, baik oleh anak-anak dan orang dewasa untuk beragam keperluan, membuka peluang bagi siapa saja untuk meraup untung dari bisnis pulsa dan kuota internet.

Selain menjual pulsa dan paket data, tidak ada salahnya juga menyediakan layanan loket pembayaran beragam tagihan mulai dari PAM, Listrik, atau cicilan tagihan kredit.

3. Warung Kopi

Warung kopi jadi peluang usaha sederhana yang bisa mendatangkan untung jika lokasinya tepat. Bila di sekitar rumah terdapat kampus, pabrik, atau gedung, warung kopi memiliki banyak peminat dari kalangan mahasiswa atau karyawan.

Meski terkesan sederhana, untung yang bisa didapat dari sebuah warung kopi sederhana bisa cukup besar. Apalagi jika pada warung tersebut juga tersedia beragam makanan ringan seperti mie rebus atau bubur kacang hijau.

4. Blogging

Bagi yang belum pernah mencoba blogging, mungkin hanya akan mengenal blog sebagai sarana untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan saja. Padahal blog kini bisa berisi macam-macam sesuai dengan minat dan keinginan kita.

Satu hal lain yang tidak kalah penting, blog kini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain melalui iklan Adsense, pemilik blog bisa mendapatkan uang melalui program afiliasi, content placement, atau job review.

Agar pendapatan dari blog bisa lebih besar, pastikan trafik blog juga sama besarnya. Untuk melakukannya, pelajari SEO dan tulislah artikel yang banyak dibutuhkan atau dicari orang lain.

5. Web Developer

Keinginan membuat blog kadang tidak diiringi dengan pengetahuan teknis yang memadai. Karena itulah banyak blogger yang memilih untuk menyewa orang lain untuk membuatkan website agar mereka bisa fokus pada hal lainnya seperti konten ataupun SEO.

Hal ini bisa jadi peluang bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan mengenai domain, hosting, dan hal lain yang diperlukan untuk membuat sebuah website. Selain jasa menawarkan jasa pembuatan blog, selingi juga dengan jasa perawatan hingga optimasi blog untuk memperoleh lebih banyak keuntungan.

6. Jasa Tulis Artikel

peluang jasa bisnis tulis artikel

Popularitas blog belakangan ini membuat kebutuhan akan artikel semakin meningkat. Apalag banyak pemilik website yang sebenarnya juga tidak punya banyak waktu untuk memuat artikel mereka sendiri.

Makanya kini ada banyak jasa tulis artikel yang ditawarkan oleh perorangan maupun sebuah tim. Bisnis ini sendiri tidak butuh skill khusus, meski akan lebih baik jika sudah memiliki skill menulis dan gemar membaca.

Untuk memulai bisnis ini, mulai dengan tawarkan melalui grup atau forum khusus blogger. Jangan lupa untuk mencantumkan portfolio dan contoh artikel agar calon klien bisa melihat kualitas tulisan yang mereka dapat.

7. Jasa Laundry

Jasa laundry jadi peluang bisnis selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Banyaknya pasangan suami istri yang sama-sama bekerja serta mahalnya memiliki asisten rumah tangga seringkali membuat pekerjaan cuci dan setrika menjadi cukup merepotkan.

Belum lagi kini ada cukup banyak rumah sederhana yang mengorbankan tempat cuci dan jemur untuk mengakomodir ruangan lainnya atau memperluas area tertentu.

Hal ini membuat jasa laundry semakin diminati, apalagi harganya cukup terjangkau dan pekerjaannya pun rapih. Bila di sekitar rumah masih belum ada jasa laundry yang mumpuni, jagnan ragu untuk mempertimbangkan jasa laundry sebagai usaha sampingan yang harus diperhitungkan.

8. Aneka Kue

Anggota keluarga yang memiliki hobi membuat kue bisa diajak bekerja sama untuk mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan. Baik kue kering maupun basah memiliki cukup banyak penggemar dan laris diburu tanpa kenal musim.

Belum lagi bila ada acara tertentu seperti ulang tahun, nikahan, dan sebagainya, orderan kue bisa cukup banyak dan bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Agar bisnis ini dikenal, kue-kue tersebut bisa dijajakan terlebih dahulu pada rekan di kantor atau dititipkan pada koperasi dan warung di sekitar kantor.

9. Makanan dan Minuman

Ada alasan kenapa bisnis makanan menguntungkan. Selain banyak dicari orang, keuntungan yang didapat pun sangat besar. Bisnis makanan kecil seperti gorengan pun menawarkan keuntungan yang terbilang besar meski terlihat sepele.

Untuk memulai bisnis makanan, tidak perlu mencari ide yang membutuhkan modal besar seperti kafe atau restoran. Warung tenda pun bisa menghasilkan untung yang lumayan selama bisa menawarkan makanan yang enak dan banyak disukai pembeli.

10. Fotografi

peluang bisnis fotografi dan jual beli foto

Bagi karyawan yang gemar mengabadikan segala sesuatu dalam bentuk gambar, ada peluang khusus yang bisa dimanfaatkan menjadi penghasilan tambahan.

Selain menjadi fotografer lepas, foto jepretan yang diambil juga bisa ditawarkan melalui situs jual beli foto. Dengan begitu foto tidak hanya tersimpan manis dalam memory card saja tapi juga bisa menghasilkan uang.

11. Jasa Desain

Memiliki bakat di bidang desain membuka banyak peluang bagi karyawan yang ingin bekerja sebagai freelancer design. Selain membantu membuat karya digital untuk orang lain seperti logo dan banner, dengan skill ini kita juga bisa membuat karya untuk dijual kembali pada situs jual beli desain vektor atau semacamnya.

Jika ingin menawarkan skill design pada situs freelance, siapkan portfolio yang menarik agar klien percaya dan mau memilih kita untuk proyek mereka selanjutnya.

12. Jasa Terjemahan

Menguasai beberapa bahasa berbeda bisa menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan mengingat kini ada cukup permintaan terhadap penerjemah.

Selain menerjemahkan dokumen resmi atau dokumen bisnis, kini banyak pula yang menggunakan jasa terjemah untuk website dan Youtube yang mentargetkan negara tertentu.

13. Makelar Properti

Menjadi seorang makelar properti tidak butuh modal dan bisa dilakukan selama menguasai seluk beluk properti. Meski begitu keuntungannya bisa sangat besar tergantung harga properti yang ditawarkan. Selain menawarkan properti di sekitar rumah, kita juga bisa bekerja sama dengan pihak pemasaran properti tertentu.

14. Hampers

Hampers atau bingkisan jadi peluang bisnis yang kini banyak dinikmati. Sebenarnya hampers sendiri lebih banyak dipakai pada waktu-waktu tertentu saja seperti ulang tahun, hari besar keagamaan, dan semacamnya. Namun peminat hampers cukup banyak dan pesanan untuk bingkisan semacam ini selalu saja ada setiap harinya.

Agar menarik, buat hampers dengan kemasan yang unik. Sebagai inspirasi, tidak ada salahnya untuk meniru dan memodifikasi kemasan hampers menarik yang dibuat orang lain. Untuk isiannya bisa bermacam-macam mulai dari makanan hingga barang-barang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

15. Kursus Digital

Punya skil khusus yang diminati dan bisa diajarkan kepada orang lain? Membuka kursus digital bisa jadi cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kursus sendiri tidak melulu berupa kelas dan tatap muka langsung. Kini kursus bisa disajikan dalam bentuk digital dan diakses secara online seperti video, audio, atau ebook.

16. Software

Membuat software bisa jadi proyek sampingan bagi karyawan yang banyak berurusan dengan programming. Saat ini ada banyak produk digital yang bisa dibuat mulai dari aplikasi berbasis web, aplikasi desktop, atau aplikasi smartphone.

Jika tidak punya banyak waktu untuk membuatnya dari nol, programmer bisa melakukan re-skinning dan menggunakan template siap pakai yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

17. Bibit Tanaman

tanaman mini yang bisa jadi peluang bisnis karyawan dan bisa dilakukan dari rumah

Beragam jenis tanaman mini kini semakin populer, terutama setelah pandemi di mana banyak orang harus lebih sering berada di rumah. Adanya tanaman mini membuat suasana rumah menjadi lebih baik dan bertanam bisa jadi sarana untuk mengisi waktu luang dengan hobi baru.

Hal ini menjadi peluang bisnis bagi mereka yang memiliki pekarangan rumah yang cukup luas. Bisnis pembibitan tanaman mini memiliki prosek yang bagus dan memilki banyak peminat dari berbagai kalangan.

18. Hewan Peliharaan

Selain bibit tanaman, hewan peliharaan juga bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Mulai dari kucing, anjing, kelinci, ikan, unggas, hingga reptil memiliki peminat yang semakin banyak. Tidak hanya hewannya saja, perlengkapan dan peralatan seputar hewan pun banyak dicari. Beberapa orang bahkan rela membayar mahal untuk menyenangkan hewan peliharan mereka.

Jika memiliki tempat khusus yang bisa dipakai untuk mengembangkan hewan peliharaan tersebut, hal ini bisa jadi peluang bisnis yang bagus untuk pecinta hewan.

19. Delivery Order

Adannya layanan antar jemput makanan seperti Go Food membuat siapa saja kini bisa memulai bisnis kuliner dari rumah. Kita bahkan tidak perlu menyiapkan tempat makan khusus karena semua pesanan hanya dalam bentuk delivery saja. Dengan begitu kita tidak perlu repot menunggu tempat makan dan makanan pun bisa dibuat hanya ketika datang order saja.

20. Franchise

Bagi yang ingin memulai bisnis namun bingung bagaimana cara memulainya dari nol, maka bisnis franchise bisa jadi salah satu solusi.

Konsep bisnis waralaba ini memungkinkan setiap orang yang memiliki modal untuk memulai bisnis mereka sendiri tanpa pengalaman terlebih dahulu. Kebanyakan dapat dijalankan secara auto-pilot sehingga tidak perlu dijalankan sendiri meski ada baiknya dikelola mandiri agar pemilik bisa sekaligus belajar berbisnis.

Salah satu kelebihan franchise adalah produknya yang umumnya sudah dikenal oleh masyarakat. Dengan begitu pemilik usaha franchise tidak perlu lagi bersusah payah untuk memasarkan produk kepada konsumen.


itu dia beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan yang sebagian besar bisa dikerjakan dari rumah. Tanpa harus resign, pekerjaan sampingan bisa dilakukan di waktu luang agar tidak mengganggu pekerjaan utama.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id