-->

[ADS] Top Ads

9 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Situs E-Commerce

PROFIT.web.id - Memulai bisnis online kini menjadi sangat mudah dengan munculnya banyak situs e-commerce yang menghubungkan penjual dan pembeli. Cukup buat akun saja, penjual sudah bisa membuka lapak online dan menjual barang menggunakan beragam fitur yang telah disediakan.

Meski mudah dan sangat menjanjikan, jualan online di aplikasi belanja online tentu memiliki kelemahannya tersendiri, apalagi jika dibandingkan dengan cara lain seperti jualan online di sosial media atau melalui toko online buatan sendiri.

Nah, sebelum mulai, kenali kelebihan dan kekurangan bisnis online di situs e-commerce terlebih dahulu.

kelebihan dan kekurangan bisnis online di situs e-commerce (online marketplace)

Kelebihan Jualan Online di E-Commerce

1. Jumlah Konsumen yang Banyak

Satu hal yang sulit dalam jualan online adalah mencari calon pembeli potensial. Saat menggunakan platform sosial media atau membuat toko online sendiri, penjual harus menggunakan beragam strategi marketing agar calon pembeli setidaknya mengetahui bisnis yang sedang dijalankan. Jika membuat toko online sendiri, pemilik mungkin juga harus belajar mengenai SEO agar produk mereka bisa bersaing di halaman pencarian Google.

Hal ini setidaknya menjadi satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan bila penjual melakukan bisnis online melalui situs e-commerce. Dengan trafik harian yang sangat tinggi, toko online yang dibuat di situs tersebut pun tidak perlu bingung mencari konsumen sendiri.

Tidak hanya mendapatkan konsumen dari daerah sekitar lokasi fisik penjual, calon konsumen bisa berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa mengakses situs jual beli online tersebut.

2. Lebih Dipercaya Pembeli

Meski zaman sudah serba canggih, masih banyak calon pembeli yang kurang mempercayai sistem jual beli online karena mereka tidak bisa melihat sendiri barang, tampilan toko, serta muka si penjual itu sendiri.

Karena itulah kepercayaan menjadi salah satu barang mahal dalam melakukan transaksi online.

Dengan berjualan di situs e-commerce, penjual setidaknya satu langkah lebih maju karena reputasi toko online mereka akan terbantu oleh reputasi situs tersebut. Meskipun toko online si penjual belum memiliki reputasi maupun testimoni dari pembeli, calon pelanggan bisa percaya karena sistem yang ditawarkan oleh situs e-commerce yang digunakan.

3. Memiliki Banyak Fitur

Online marketplace menyediakan banyak fitur kepada pembeli dan penjual agar mereka semakin nyaman bertransaksi melalui platform yang mereka sediakan. Tidak hanya itu, urusan keamanan pun sangat terjamin agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan.

kelebihan jualan di online marketplace adalah fiturnya yang beragam seperti tersedianya pembayaran COD
Salah satu kelebihan jualan di online marketplace adalah fiturnya yang beragam seperti tersedianya pembayaran COD

Beragam fitur yang umumnya terdapat pada sebuah situs e-commerce antara lain live chat, testimoni dan rating pelanggan, beragam pilihan metode pembayaran mulai dari dompet virtual hingga COD (Cash on Delivery), serta adanya rekening bersama (escrow) agar dana dari pembeli disimpan dengan aman sampai mereka mendapatkan barang sesuai pesanan.

4. Manajemen Bisnis yang Terencana

Salah satu kelebihan bisnis online melalui situs e-commerce adalah fitur insight yang disediakan secara gratis. Melalui fitur ini penjual bisa melihat banyak informasi penting mulai dari banyaknya orang yang mengunjungi toko, jumlah interaksi, hingga produk apa yang paling laris dibeli.

Data-data semacam ini nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan toko online agar dapat meningkatkan untung dan menarik lebih banyak pelanggan. Bisnis pun akan lebih mudah diatur dan dipantau tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

5. Mudah dan Gratis

Satu hal yang menjadi daya tarik utama dalam berbisnis online melalui situs e-commerce adalah kemudahan serta biaya yang dikeluarkan.

Dengan beragam fitur yang ditawarkan, sulit membayangkan bila semua itu bisa digunakan secara gratis. Bila membuat toko online dengan fitur yang sama, butuh biaya besar untuk membuat serta merawatnya secara rutin.

Kekurangan Jualan Online di E-Commerce

6. Persaingan Ketat

Banyaknya pebisnis yang berjualan di online marketplace membuat persaingan menjadi semakin ketat. Bagi pebinsis yang baru memulai mungkin akan merasa kesulitan saat harus bersaing dengan seller lain yang sudah lebih dulu ada dan memiliki reputasi yang lebih mapan.

Tidak jarang persaingan seperti ini membuat iklim usaha menjadi kurang sehat seperti menawarkan harga serendah-rendahnya hingga membuat untung menjadi tegerus.

7. Fitur Pencarian yang Tidak Tertarget

Pada situs e-commerce terdapat fitur pencarian yang memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan kriteria yang mereka cari. Selain itu terdapat filter yang bisa digunakan agar produk yang didapat menjadi lebih spesifik.

Sayang bagi seller fitur pencarian ini tidak bisa banyak membantu mereka. Saat pengunjung melakukan pencarian, maka produk dan toko sejenis bisa saja muncul. Meski begitu hal ini bisa diakali dengan memanfaatkan fitur berbayar agar produk yang kita tawarkan dalam kata kunci tertentu bisa muncul saat pelanggan mencarinya.

8. Ketergantungan pada Pengelola dan Penjual Lainnya

Membuat toko online pada sebuah situs e-commerce tidak ubahnya seperti menyewa lapak online kepada pengelola situs tersebut. Ini artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan toko online tersebut akan sangat tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pengelola online marketplace.

Tidak hanya itu, reputasi toko online juga akan dipengaruhi oleh reputasi pengelola dan reputasi penjual lain di situs tersebut. Reputasi seller lain yang buruk bisa ikut mempengaruhi persepi pelanggan lain terhadap toko lain yang sama di situs tersebut.

9. Tidak Mendapatkan Brand Awareness

Satu kekurangan lain berjualan di online marketplace berkaitan dengan brand awareness.

Saat pembeli berbelanja, mereka akan lebih mengingat nama situs e-commerce tersebut dibandingkan mengingat nama toko tempat mereka bertransaksi. Dengan begitu akan sulit untuk meningkatkan brand awareness toko online kita sendiri. Yang ada penjual malah meningkatkan reputasi online marketplace secara keseluruhan.


Sama seperti cara usaha lainnya, ada banyak kelebihan dan kekurangan bisnis online di situs e-commerce. Meski mudah, gratis, dan memiliki banyak fitur, jualan melalui aplikasi jual beli online memiliki persaingan yang ketat.

Walapun begitu, cara ini masih menjadi salah satu cara yang bisa diandalkan dalam memulai bisnis online. Kelebihannya pun akan jauh lebih bermanfaat dibanding kekurangan yang dimilikinya.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id