-->

[ADS] Top Ads

15 Peluang Usaha Pertanian yang Menguntungkan dan Menjanjikan

PROFIT.web.id - Usaha pertanian dan perkebunan seringkali menjadi peluang bisnis yang tidak banyak dilirik orang. Padahal bila digarap serius, ada banyak usaha pertanian yang menguntungkan dan sangat menjanjikan.

Salah satu yang seringkali menjadi kendala dalam memulai bisnis ini adalah kepemilikan lahan yang luas. Namun jangan khawatir karena kini ada beberapa jenis budaidaya tanaman yang menguntungkan dan bisa dilakukan di lahan yang lebih kecil.

Nah, jika tertarik dengan hal ini, berikut adalah beberapa peluang usaha pertanian yang menguntungkan dan menjanjikan di masa depan.

peluang usaha pertanian yang menguntungkan dan menjanjikan di masa depan

1. Budidaya Jamur Tiram

Tanaman lain yang juga bisa dibudidayakan di ruangan sempit adalah jamur tiram. Jamur tiram sendiri memiliki banyak peminat berkat rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang tinggi.

Tidak hanya itu, modal yang diperlukan untuk memulai budidaya jamur tiram pun tidak terlampau besar. Dengan ruangan yang cukup, kita bisa meletakan rak susun untuk menyimpan bag log jamur tiram. Bag log berukuran 1 kg umumnya bisa menghasilkan ±0.7 kg dan bisa dipanen 7-8 kali dengan teknik perawatan yang baik.

2. Menjual Bibit Tanaman

Berkebun dan bercocok tanam di rumah menjadi salah satu kegiatan baru untuk mengisi waktu luang selama pandemi. Selain tanaman hias, tanaman lain yang juga banyak diminati untuk ditanam di rumah sendiri adalah tanaman yang bisa dikonsumsi dan tanaman obat.

Hal ini tentu menjadi peluang besar karena bibit-bibit tanaman tersebut akan ramai dicari pembeli. Jika ingin berbisnis bibit tanaman, ada baiknya memilih tanaman yang banyak dicari dan bisa dipanen dalam waktu singkat.

3. Menjual Tanaman Herbal

Tanaman obat-obatan atau herbal menjadi salah satu tanaman yang banyak dicari selama pandemi ini. Khasiat tanaman obat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh agat tidak mudah terserang penyakit.

Meski kini sudah ada banyak obat-obatan kimia, tanaman herbal seperti kunyit, jahe, kencur, atau temulawak masih sering digunakan mengingat khasiatnya yang tinggi tanpa efek samping yang berbahaya.

Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi siapa saja yang ingin berbisnis obat-obatan herbal. Selain menjual tanaman tersebut secara langsung, kita juga bisa mengolahnya menjadi minuman jamu atau mengeringkannya agar lebih mudah dijajakan.

4. Bisnis Tanaman Hias

Selain tanaman yang dapat dimakan dan tanaman obat-obatan, tanaman hias juga jadi salah satu jenis tanaman yang sangat digemari untuk ditanam di rumah. Selain diletakan di luar rumah, tanaman hias juga seringkali digunakan untuk mempercantik bagian dalam rumah.

Dan tidak hanya untuk masalah estetika saja, tanaman hias juga seringkali digunakan untuk membantu menyegarkan udara, menyejukan mata dan pikiran, serta mengurangi stres. Makanya tanaman hias bisa jadi salah satu peluang usaha pertanian yang menguntungkan.

tanaman hias jadi salah satu budidaya tanaman yang menguntungkan

Bila ingin memulai bisnis ini melalui rumah, tidak ada salahnya jika menetapkan terlebih dahulu jenis tanaman hias yang akan dijual. Dengan begitu bisnis akan lebih terarah dan modal bisa digunakan secara efektif karena ada begitu banyak tanaman hias yang bisa dijual.

Sebagai contoh, kita bisa fokus pada tanaman untuk di dalam rumah yang memiliki perawatan minim seperti kaktus, sukulen, atau monsterra (janda bolong). Sebagai alternatif, kita juga bisa menjual tanaman khusus yang baik untuk membersihkan udara seperti lidah mertua, sri rejeki, atau sirih gading.

5. Membuat Bonsai

Tanaman hias lain yang juga bisa jadi peluang usaha adalah bonsai. Bonsai sendiri merupakan istilah dari Jepang yang merujuk pada cara penanaman pohon atau tanaman yang dikerdilkan agar menyerupai miniatur pohon tersebut.

Dibandingkan tanaman hias lainnya, butuh keterampilan khusus untuk membuat bonsai. Prosesnya pun cukup rumit dan bisa memakan waktu sangat lama. Namun jika sudah memiliki keterampilan ini, bisnis bonsai bisa jadi budidaya tanaman yang menguntungkan.

Nilai jual bonsai sendiri bisa sangat fantastis tergantung dari bentuk, jenis pohon, dan tingkat kerumitan bonsai. Modalnya pun terbilang cukup ringan karena pohon bakal bonsai bisa diambil dari hutan atau alam liar.

6. Menjual Alat dan Perlengkapan Pertanian

Luasnya pekerjaan di sektor pertanian dan perkebunan di berbagai wilayah di Indonesia tentu membuat peluang usaha di sekitar sektor tersebut meningkat. Salah satunya adalah penyediaan peralatan serta perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

Perlengkapan pertanian dan perkebunan seperti bibit, pupuk, dan pestisida tentu menjadi hal yang terus dibutuhkan sepanjang tahun. Selain itu alat-alat tani juga penting dalam menunjang produktivitas petani dalam menggarap lahan yang mereka perlukan.

Namun sebelum memulai bisnis alat pertanian, kita perlu mengetahui terlebih dahulu demografi pembeli di sekitar tempat bisnis kita nantinya. Daerah pedesaan yang masih didominasi kaum petani tentunya akan memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan mereka yang tinggal di perkotaan dan menjadikan bercocok tanam sebagai hobi saja bukan?

7. Membuat Pupuk

Pupuk menjadi salah satu produk pertanian yang banyak dicari dan selalu dibutuhkan dalam menanam. Adanya pupuk memastikan tanaman mendapatkan unsur hara yang diperlukan dalam proses tumbuh kembang tanaman tersebut.

Tidak hanya diperlukan oleh petani, pupuk juga banyak dicari oleh pecinta tanaman hias yang ingin agar tanaman mereka tetap subur dan cepat besar.

Pupuk sendiri bisa dibuat menggunakan beberapa bahan alami. Pada pengguna rumahan, pupuk organik seperti pupuk kompos maupun pupuk kandang memiliki cukup banyak peminat dan cocok untuk dilirik sebagai industri rumahan.

8. Membuat Minyak Alami

Beberapa tanaman mengandung minyak alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh atau digunakan sebagai produk kecantikan. Sebagai contoh, jarak, kamomil, jojoba, almond, atau zaitun bisa diolah dan diambil ekstraknya untuk dibuat menjadi minyak alami.

Tanaman lain yang juga bisa diolah menjadi minyak esensial adalah kelapa. Kelapa sendiri cukup mudah ditemui di Indonesia dengan harga yang relatif murah. Proses pembuatannya pun cukup mudah, tidak membutuhkan banyak biaya, dan bisa dibuat tanpa menggunakan campuran bahan kimia.

9. Budidaya Tanaman Hidroponik

Menanam menggunakan metode hidoponik menjadi tren belakangan ini. Berbeda dengan cara bercocok tanam biasa yang masih mengandalkan tanah untuk menopang tanaman, metode hidroponik lebih memperhatikan kecukupan unsur hara dan bisa dilakukan menggunakan air saja.

Cara menanam seperti ini menjadi salah satu solusi seiring terbatasnya lahan pertanian, terutama di daerah padat penduduk. Karena itulah membudidayakan tanaman hidroponik bisa dilakukan di lahan yang terbatas dan bahkan bisa dilakukan dari rumah.

Peluang bisnis tanaman hidroponik sendiri menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang potensial. Di pasaran, harga tanamnan hasil budidaya hidroponk umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding tanaman yang ditanam dengan cara konvensional.

Selain itu penanamannya pun lebih mudah karena pada prosesnya tidak diperlukan tanah yang subur terlebih dahulu. Kita pun bisa memilih tanaman apa saja tanpa perlu menyesuaikannya dengan jenis tanah yang kita miliki terlebih dahulu.

10. Aquaponik

Selain menanam dengan metode hidroponik, teknik lain yang banyak digunakan untuk menanam di ruangan terbatas adalah akuaponik. Akuaponik sendiri merupakan sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan teknik hidroponik dan akuakultur. Sebagai contoh, kita bisa bercocok tanam dan memelihara ikan sekaligus dalam satu tempat yang sama.

akuaponik untuk memanen ikan dan tanaman yang menjanjikan masa depan

Adanya tanaman dan ikan menghasilkan simbiosis mutualisme, sehingga keduanya bisa hidup berdampingan dan saling menguntungkan. Pemilik akuaponik pun bisa meraih untung lebih banyak karena selain mempanen tanaman, kita juga bisa memanen ikan di dalamnya.

11. Menjual Makanan Organik

Memiliki lahan yang terbatas tentunya akan membatasi juga hasil yang bisa dipanen dan untung yang bisa diraih. Untuk mendapatkan untung yang lebih besar, kita bisa mengolah hasil tanaman tersebut menjadi bentuk lain.

Salah satu hasil olahan pertanian yang bisa jadi peluang usaha rumahan adalah makaan organik. Makanan semacam ini kini mulai populer di kalangan vegetarian serta mereka yang menginginkan pola makan yang lebih sehat.

Jadi daripada menjual hasil pertanian yang mungkin tidak seberapa banyak di rumah secara langsung, kita bisa mengolahnya menjadi makanan organik terlebih dahulu sebelum menjualnya.

12. Membuat Makanan Olahan Rumah

Satu masalah yang seringkali dihadapi oleh petani dan pemilik perkebunan adalah harga jual yang seringkali mengalami pasang surut. Saat harga tinggi, petani tentu mendapatkan untung besar. Namun saat harganya jatuh, bahkan untuk sekedar balik modal pun akan sangat sulit.

Untuk menyiasati harga hasil panen yang jatuh, kita bisa mengolahnya terlebih dahulu agar hasil tani bisa dijajakan dalam bentuk lain. Dengan begitu kita tidak perlu pusing bila harga hasil panen dihargai terlalu murah dan tetap bisa meraih untung besar.

Sebagai contoh, hasil olahan tani seperti cabai, tomat, dan bawang bisa diolah terlebih dahulu menjadi sambal. Sambal tersebut nantinya bisa dikemas dalam wadah yang menarik dan bisa dijajakan secara online untuk meraih lebih banyak pelanggan.

Untuk pemilik perkebunan yang banyak menanam pohon buah juga bisa mengakali hasil panen dengan membuat asinan atau manisan. Sebagai alternatif, buah juga bisa dikeringkan dan dijadikan buah kering yang bisa dipasarkan lebih lama.

13. Mengumpulkan Hasil Pertanian

Bagi yang tidak memiliki kemampuan dalam bertani dan berkebun namun tinggal di sekitar area perkebunan atau pertanian bisa menjajal peluang usaha sebagai pengumpul atau pengepul hasil tani. Pekerjaan semacam ini bisa jadi usaha perkebunan yang paling menguntungkan tanpa perlu melakukan penanaman sendiri.

Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi petani dan memberikan penawaran yang menarik pada hasi panen mereka. Jika harga yang ditawarkan menarik, tidak sulit untuk mengumpulkan hasil tani yang nantinya bisa dijual lagi di pasar atau didistribusikan pada rumah makan yang membutuhkannya.

14. Membuat Blog/Chanel Youtube Seputar Pertanian

Peluang usaha pertanian lain yang tidak kalah menguntungkan adalah membuat blog atau kanal Youtube seputar bercocok tanam. Hal ini mungkin tidak ada hubungannya langsung dengan pertanian, namun ilmu seputar bercocok tanam sangat dicari oleh merek yang ingin memulai hobi bertanam atau mereka yang juga ingin terjun ke bisnis pertanian dan perkebunan.

Hal ini tentu menjadi peluang besar mengingat trafik yang besar akan dihargai besar pula oleh pengiklan. Jadi daripada hanya melakukan rutininas bercocok tanam seperti biasa, kenapa tidak dilakukan sembari membuat tulisan ataupun video mengenai hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan?


Itu dia beberapa peluang usaha pertanian yang menguntungkan dan menjanjikan di masa depan. Tidak perlu harus memiiki lahan yang luas dan pengetahuan mendalam mengenai bercocok tanam, beberapa jenis usaha di bidang pertanian juga bisa dilakukan dengan lahan yang terbatas dan modal yang relatif kecil.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id