-->

[ADS] Top Ads

Mengenal Tipe-Tipe Freelancer dan Pengertiannya

PROFIT.web.id - Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal freelancer sebagai orang yang bekerja bebas tanpa terikat pada satu perusahaan atau klien saja. Padahal ada banyak tipe-tipe freelancer yang bisa dibedakan berdasarkan cara kerja mereka.

Berdasarkan penjelasan dari Human Resources MBA, ada lima tipe freelancer seperti contoh berikut ini.

tipe freelancer dan pengertiannya

1. Tipe Independent Contractors

Freelancer dengan tipe independent contractors adalah mereka yang bekerja berdasarkan proyek tertentu pada banyak klien yang berbeda. Saat satu proyek selesai, maka tipe ferelancer ini akan bekerja pada proyek selanjutnya sesuai dengan kemampuan mereka.

2. Tipe Temporary Workers

Sesuai dengan namanya, freelancer tipe temporary workers adalah mereka yang disewa oleh sebuah instansi atau perusahaan tertentu secara temporer atau sementara. Dalam periode tertentu, freelancer tipe ini akan dikontrak dan bekerja layaknya pegawai dan terintegrasi dengan perusahaan secara langsung.

Sebagai contoh, perusahaan bisa menyewa freelancer dengan tipe ini untuk menggantikan salah satu pegawai mereka yang berhalangan dalam jangka waktu panjang. Contoh lainnya adalah ketika perusahaan mendapatkan banyak order yang tidak bisa di-handle semuanya oleh sumber daya yang ada sehingga butuh tenaga tambahan.

3. Tipe Diversified Workers

Tipe diversified workers adalah freelancer yang menguasai banyak skill dan bisa bekerja pada berbagai klien yang berbeda. Tipe freelancer ini bisa bekerja secara full-time atau di luar jam kerja kantornya. Selain itu freelancer tipe ini juga bisa menawarkan beragam skill sesuai dengan kebutuhan klien.

Sebagai contoh, tipe freelancer ini bisa mengerjakan proyek pembuatan website di malam hari sementara di siang harinya ia mengerjakan proyek fotografi untuk klien berbeda.

4. Tipe Freelance Business Owners

Tipe freelancer ini umumnya adalah mereka yang sudah mapan, berpengalaman, dan memiliki banyak koneksi dalam bidang mereka.

Freelancer tipe ini umumnya menjadikan pekerjaan freelance sebagai sebuah bisnis. Jadi mereka memiliki tim sendiri untuk mengerjakan sebuah pekerjaan freelance, bahkan dalam skala besar dan jumlah klien yang lebih banyak.

Sebagai contoh, freelancer yang biasa menawarkan jasa tulis artikel bisa saja membuatnya menjadi bisnis dan membawahi tim khusus untuk mengerjakannya.

5. Tipe Moonlighters

Tipe freelancer ini adalah yang paling umum. Freelancer dengan tipe moonlighter adalah mereka yang menjadi freelancer tanpa melepaskan pekerjaan utama mereka. Mereka biasanya melakukan pekerjaan sampingan mereka di luar jam kerja utama mereka di siang hari.


Menjadi seorang freelancer adalah salah satu peluang usaha sampingan untuk karyawan tanpa perlu melepas jabatan yang mereka miliki, seperti tipe freelancer moolighters.

Jika ditekuni dengan serius, bukan tidak mungkin pekerjaan freelance menjadi pekerjaan full-time atau bahkan menjadi bisnis yang mendatangkan lebih banyak keuntungan seperti yang dilakukan oleh tipe freelancer business owners.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id