-->

[ADS] Top Ads

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing di 2021

PROFIT.web.id - Selain modal, tingkat persaingan juga jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Makanya usaha modal kecil yang belum banyak pesaing bisa jadi bisnis yang patut dicari dan dimanfaatkan dengan baik.

Minimnya pesaing tentu akan membuat bisnis lebih cepat berkembang, apalagi bila untung yang dihasilkan sepadan. Tidak hanya itu, berkompetisi di ceruk yang banyak digarap orang lain bisa membantu bisnis untuk menjadi salah satu yang terdepan sehingga kita sudah mapan ketika bisnis tersebut mulai ramai.

Nah, buat yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis, beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini patut dicoba terlebih dahulu.

contoh ide usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

1. Makanan Organik

Usaha makanan sebenarnya jadi ceruk yang sudah banyak diisi oleh kompetitor, mulai dari jajanan rumahan hingga makanan kelas premium. Namun untuk makanan organik saat ini masih belum banyak saingan sehingga bisa jadi peluang bisnis potensial yang patut untuk digarap.

Makanan organik sendiri kini cukup trendy di kalangan orang-orang yang menginginkan pola hidup yang lebih sehat. Makanya mereka mengganti jenis makanan yang biasa dikonsumsi menjadi makanan organik yang lebih sehat.

Untuk memulainya, kita bisa mulai dengan menjadi reseller dari beberapa produk makanan organik sembari melihat potensi masing-masing jenis makanan tersebut. Jika sudah mengetahui lebih dalam mengenai seluk-beluk makanan sehat, kita bisa mulai menawarkan paket makanan sehat untuk pagi, siang, dan sore, yang nantinya bisa dikirim langsung ke tangan konsumen setiap harinya.

2. Jual Beli Barang Koleki dan Antik

Bagi sebagian orang, barang-barang antik dan barang lain yang sering dijadikan koleksi tampak seperti tidak ada harganya. Padahal bagi yang menggemarinya, barang-barang ini bersedia mereka tebus dengan harga mahal.

Satu hal yang seringkali menjadi masalah bagi para kolektor adalah waktu dan tempat untuk mencari barang yang mereka inginkan. Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis yang baik dengan mencarikan barang tertentu yang ingin dikoleksi oleh para kolektor.

3. Perawat Lansia

Sebuah keluarga seringkali memiliki anggota keluarga yang sudah lanjut usia. Namun karena kesibukan anggota keluarga yang lain, para orang tua tersebut seringkali tidak mendapat perhatian lebih meski sulit untuk mengurus semuanya sendiri.

Karena itulah jasa perawat lansia seringkali dicari oleh banyak keluarga sibuk tersebut. Meski butuh kesabaran ekstra dan waktu kerja yang cukup lama, usaha ini bisa dilakukan nyaris tanpa modal dan minim kompetitor.

4. Membuat Produk Daur Ulang

Ide usaha modal kecil yang belum banyak pesaing lainnya adalah membuat produk daur ulang. Tidak hanya menghasilkan untung yang lumayan, bisnis semacam ini juga berdampak sosial dan membantu mensukseskan program go green dengan mengurangi sampah dan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

usaha kerajinan daur ulang dari bahan bekas dengan modal kecil

Bisnis semacam ini sendiri sangat terbuka luas dan bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan barang sisa tidak terpakai di sekitar lingkungan. Barang-barang tersebut nantinya bisa diubah menjadi benda lain yang bernilai ekonomis dan memiliki banyak peminat.

5. Specialist Writer

Jasa penulisan artikel jadi salah satu peluang usaha di bidang jasa yang laris peminat. Apalagi kini ada banyak usaha yang ingin go online dan membuat website khusus untuk memasarkan produk-produk mereka. Dan sebagai salah satu bentuk marketingnya dilakukan dengan menyewa penulis untuk mendatangkan trafik ke website mereka.

Meski ada banyak jasa tulis artikel, penulis spesialis menjadi salah satu peluang usaha langka di Indonesia. Makanya hal ini bisa jadi peluang bagi mereka yang memiliki pengetahuan khusus di suatu bidang tertentu. Dengan pengetahuan tersebut, mereka bisa menulis hal-hal yang jauh lebih teknis dan mendalam dibandingkan penulis artikel biasa. Upah yang didapat penulis spesialis pun tentu akan sangat jauh berbeda dibanding penulis artikel pada umumnya.

6. Jasa Tulis Caption Media Sosial

Selain penulisan artikel, usaha lain di bidang jasa yang tidak kalah di era informasi ini adalah jasa tulis caption untuk media sosial. Dengan ketatnya persaingan d sosial media, caption yang dibuat menarik tentu menjadi daya tarik yang berbeda untuk sebuah branding.

Membuat caption dengan jumlah kata yang terbatas namun memiliki daya pikat yang tinggi tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan siapa saja. Makanya hal tersebut bisa jadi peluang usaha, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan menulis yang baik.

7. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan bukanlah hal yang asing. Tidak lagi berbentuk anjing, kucing, atau burung saja, kini pilihan jenisnya jauh lebih beragam mulai dari reptil, serangga, hingga binatang eksotis lainnya.

Sayangnya hewan yang tidak biasa juga butuh perawatan yang tidak biasa pula. Dan bila dipercayakan kepada orang lain, bukan tidak mungkin hewan tersebut malah akan jatuh sakit atau malah mati. Makanya hal ini menjadi salah satu masalah bagi pemilik hewan peliharaan yang hendak meningggalkannya selama beberapa hari.

Nah, bagi yang hobi memelihara hewan-hewan semacam ini, masalah tesebut tentu menjadi peluang usaha tersendiri. Kita bisa membantu memelihara hewan peliharaan tersebut dengan upah tertentu tergantung jenis hewan serta lama waktu pemeliharaan.

8. Voice Over

usaha jasa voice over belum banyak pesaing

Contoh usaha modal kecil lain yang belum banyak pesaing adalah voice overVoice over sendiri memiliki cukup banyak peminat dan sangat populer di kalangan orang yang ingin memperkenalkan produk mereka atau sekedar menyewa talent untuk mengisi suara di video Youtube. Jika sudah cukup populer di bidang jasa ini, kita berkesempatan untuk mengisi suara di acara yang lebih besar dengan bayaran yang besar pula.

9. Travel Planner

Bagi mereka yang tinggal di kota atau bahkan negara tertentu yang banyak dikunjungi pelancong, maka menjadi travel planner bisa jadi contoh usaha yang bisa dilakukan dengan moda kecil. Jumlah kompetitornya pun bisa dibilang cukup sedikit, apalagi bila daerah yang dikunjungi termasuk hidden gems yang belum banyak diketahui orang lain.

Saat menjadi seorang travel planner, kita harus mengetahui banyak hal terlebih dahulu agar orang yang menyewa jasa kita puas dengan itinerary yang diberikan. Mereka pun bisa memiliki gambaran yang jelas mengenai tempat-tempat yang harus dikunjungi dan berapa banyak uang yang harus disiapkan.

Sebagai penghasilan tambahan, kita juga bisa menawarkan jasa tour guide bagi mereka yang tidak mau repot mengurus akomodasi serta dapat memberikan mereka bimbingan selama perjalanan di lokasi wisata.


Nah, itulah dia beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa menghasilkan untung besar. Selain itu jumlah pesaingnya pun masih cukup minim sehingga bisa dicoba siapa saja.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id