-->

[ADS] Top Ads

13 Contoh Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Orang Lain

PROFIT.web.id - Menjalankan usaha yang jarang tapi dibutuhkan orang lain bisa jadi pilihan untuk bisa bersaing dan meraih keuntungan di saat banyak orang mulai membuka bisnis mereka sendiri.

Dengan bermain di bidang yang langka dan belum banyak digeluti orang lain, kita akan memiliki lebih sedikit saingan dan bisa mengembangkan bisnis lebih cepat.

Meski begitu memang tidak mudah untuk mencari bisnis yang belum banyak pesaing, apalagi jika modal yang dimiliki cukup terbatas. Namun sebagai inspirasi, kita bisa mencoba usaha yang langka tapi menguntungkan berikut ini.

contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan orang lain

1. Penulis Artikel Spesialis

Munculnya internet membuka peluang bagi siapa saja untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya melalui blog.

Meski awalnya dikeloa perorangan, kini ada cukup banyak brand yang mulai menggunakan blog sebagai sarana untuk memperkenalkan brand mereka serta mendatangkan trafik ke website yang mereka buat.

Hal ini tentunya membuka peluang bagi penulis konten untuk mendapatkan job menulis maupun editing. Namun dengan ketatnya algoritma saat ini, menulis saja belum cukup untuk bisa bersaing di halaman pertama Google.

Salah satu hal yang bisa menjadi pembeda adalah tulisan yang dibuat oleh orang yang memang ahli di bidangnya. Google bahkan memberi nilai plus pada hal ini, terutama yang berhubungan dengan kesehatan.

Bila memiliki skill dalam bidang tertentu, hal ini bisa jadi peluang untuk menjadi penulis artikel spesialis.

Dibandingkan dengan penulis artikel biasa, fee yang bisa didapat tentu akan jauh berbeda karena kita bisa menulis sebuah tema dengan lebih mendalam, terkadang dengan sentuhan pengalaman pribadi.

2. Food Truck

Bisnis kuliner memang bukan hal baru di Indonesia, namun usaha yang masih cukup langka adalah berjualan makanan dan minuman menggunakan food truck.

Di negara barat, food truck menjadi hal yang sangat umum dijumpai di tempat umum. Pemilik food truck dapat menjual makanan di manapun selama mendapatkan izin. Tidak hanya itu, lokasi bisnis pun dapat dipindah-pindah berdasarkan event tertentu untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Bila sudah memiliki pelanggan setia, mereka tentu tidak akan segan berburu lokasi baru tempat food truck favorit mereka berada.

3. Peternakan

Sama seperti bisnis kuliner, bisnis peternakan juga sudah banyak ditekuni orang lain. Meski begitu ada beberapa hasil budi daya hewan yang masih belum banyak dikelola orang dan bisa menjanjikan keuntungan yang sama besarnya.

Sebagai contoh, ternak buaya, biawak, budidaya burung kicau untuk perlombaan, ikan hias, kuda, hingga serangga untuk pakan masih cukup jarang meski jumlah permintaannya terus meningkat. Hal ini tentu jadi peluang bisnis yang baik selama kita bisa memasarkannya dengan tepat.

4. Pertanian

Sama seperti usaha di bidang peternakan, ada beberapa budi daya tani yang masih cukup jarang dilakukan namun memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan besar. Sebagai contoh, budidaya porang kini banyak dianjurkan oleh pemerintah mengingat harganya yang tinggi dan permintaan pasar yang luas, namun masih sedikit orang yang mau membudidayakannya.

5. Service Kendaraan Panggilan

Mencari bengkel untuk menservis kendaraan memang bukan hal yang sulit di daerah perkotaan. Meski begitu tidak semua orang senang pergi ke bengkel dan mengantri lama, atau bahkan tidak memiliki waktu untuk sekedar datang ke bengkel.

Hal ini bisa jadi peluang bagi mereka yang mau jemput bola memenuhi kebutuhan orang-orang semacam itu. Bila memiliki skill yang dibutuhkan, kita bisa menawarkan jasa service kendaraan di rumah. Dengan begitu pemilik kendaraan tidak perlu repot pergi sendiri untuk merawat kendaraan yang mereka miliki.

Tidak perlu servis secara menyeluruh, kita pun bisa menyediakan layanan tambal ban di rumah untuk memudahkan pemilik kendaraan untuk sekadar mengganti ban mereka yang kempis.

6. Jasa Penitipan Hewan

Usaha lain yang masih cukup jarang namun dibutuhkan orang lain adalah jasa penitipan hewan.

Banyaknya orang yang kini memelihara hewan peliharaan seringkali tidak dibarengi dengan waktu yang cukup untuk mengurus mereka. Padahal mereka tidak segan untuk mengeluarkan uang untuk memenuhi semua kebutuhan hewan peliharaan mereka.

Hal ini bisa jadi peluang bagi mereka yang juga hobi mengurus hewan peliharaan. Saat musim liburan dan mudik tiba, jasa penitipan hewan peliharaan seperti ini bisa sangat laris dan menguntungkan.

7. Bisnis Makanan Sehat dari Bahan Baku Organik

Saat ini orang-orang mulai menyadari pentingnya pola hidup yang sehat, salah satunya dengan memperbaiki pola makan menggunakan bahan-bahan organik. Dibandingkan makanan lain pada umumnya, makanan organik memang diklaim lebih sehat karena ditanam tanpa menggunakan bahan kimia, baik pupuk maupun pestisida.

Sayangnya tidak semua orang sempat untuk membuat makanan sehat mereka sendiri, beberapa bahkan baru mulai ikutan sehingga belum tahu banyak mengenai menu makanan sehat tersebut.

Karena itulah, hal ini bisa jadi ladang bisnis bagi mereka yang tahu banyak mengenai makaan sehat dari bahan baku organik. Bentuk bisnisnya pun beragam mulai dari menjual bahan baku makanan organik hingga menyediakan menu sehat siap santap yang bisa dikirim setiap hari.

8. Toko Herbal

Sama seperti makanan organik, kini cukup banyak pula orang yang lebih memilih untuk mengobati penyakit dengan beragam bahan alami dari alam. Apalagi di masa pendemi seperti sekarang, orang-orang berlomba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka agar tidak mudah terserang penyakit. Dan agar tidak ketergantungan obat, mereka melakukannya menggunakan obat-obatan herbal.

Karena itulah, bisnis toko herbal bisa jadi salah satu alternatif usaha yang bisa dijalankan. Memiliki pengetahuan mengenai obat-obatan herbal yang dijual bisa menjadi daya tarik tersendiri karena masih banyak yang belum mengetahui khasiat masing-masing obat tersebut.

9. Membuka Usaha Rumah Makan Khas Negara Asing

Ekspos terhadap dunia luar melalui film, drama, atau Youtube membuat siapa saja bisa melihat keseharian orang-orang dari belahan dunia lainnya. Salah satunya dalam bentuk makanan yang cukup menggugah selera dan membuat siapa saja penasaran.

Makanya, membuka usaha makanan yang khas dari negara lain bisa jadi peluang usaha yang jarang namun banyak diminati orang lain, terutama bila berasal dari negara-negara yang memang masih asing di telinga orang Indonesia.

Makanan dari Jepang, Cina, atau Korea mungkin sudah terlalu mudah ditemukan, namun makanan dari kawasan Asia Tenggara, Afrika, dan Timur Tengah masih jadi pasar potensial yang menarik untuk dijadikan ide bisnis kuliner.

10. Usaha Cetak 3 Dimensi

jasa cetak 3D jadi usaha yang langka tapi menguntungkan

Tidak seperti di negara maju lainnya, mesin cetak atau printer 3D nampaknya masih belum cukup populer di Indonesia. Padahal dengan printer 3D ini kita bisa membuat beragam bentuk apa saja.

Berbekal skill 3D, mesin cetak 3D bisa digunakan untuk membuat beragam barang mulai dari properti untuk kebutuhan arsitektur, keycaps, gantungan kunci, hingga action figure.

Sayang harga printer 3D yang sangat mahal membuat banyak orang pikir-pikir untuk memiliki alat tersebut. Makanya hal ini bisa jadi salah satu contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan orang lain.

11. Sewa Drone

Sama seperti printer 3D, harga drone juga tergolong mahal dan membuat banyak orang berpikir dua kali untuk memilikinya, apalagi jika memang akan jarang digunakan. Drone sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk bersenang-senang, tapi juga bisa dipakai untuk mengambil foto atau video dalam sudut pandang yang berbeda.

Makanya, jasa sewa drone bisa jadi peluang usaha yang bisa dijalankan mengingat pesaingnya juga tergolong minim.

12. Rental Perlengkapan Rekaman YouTube

Selain sewa drone, ide rental unik lainnya adalah bisnis rental perlengkapan rekaman Youtube.

Dengan booming-nya Youtube saat ini, banyak orang mulai membuat channel mereka sendiri agar bisa mendapatkan keuntungan seperti Youtube sukses lainnya.

Sayang kadang peralatan menjadi salah satu kendala bagi Youtuber yang ingin meningkatkan kualitas video dan audio Youtube mereka. Bila ditotal, butuh modal yang cukup besar untuk membuat video Youtube tampak lebih berkualitas dan memanjakan subscriber mereka.

Karena itulah, menyewakan peralatan rekaman Youtube bisa jadi salah satu peluang rental unik yang bisa dilakukan.

13. Sewa Tempat Foto Unik

Selain Youtube, sosial media lain yang tidak kalah populer adalah Instagram. Di aplikasi tersebut banyak influencer yang berlomba-lomba menampilkan foto unik dan menarik agar bisa meraih banyak follower. Karena itulah, tempat-tempat yang instragramable selalu laris diserbu pengguna Instagram.

Di beberapa negara, sewa studio dengan beragam latar belakang yang berbeda jadi salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Di Indonesia sendiri masih jarang ditemui studio semacam ini sehingga cocok untuk digeluti mengingat bisnis ini masih jarang meski ada cukup banyak peminatnya.

Posting Komentar

Menu Halaman Statis

Copyright © 2020

Profit.web.id